Home / UMKM

Rabu, 9 September 2020 - 13:48 WIB

Banyak Masalah yang Menghadang UMKM

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kemenkop UKM mengakui banyak masalah yang menghambat dan menumbangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19. Mulai dari pembiayaan, omset dan pendapatan yang menurun, permintaan, hingga sulitnya produk masuk ke pasar.

“Dari sisi permintaan, tentu banyak yang menurun karena banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan sehingga konsumsi pun turun. Padahal, ekonomi Indonesia sangat ditopang oleh kekuatan domestik melalui belanja pemerintah efektif dan konsumsi masyarakat, ini sebenarnya yang menggerakkan,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam webinar bertajuk “Dialektika: UMKM, Pahlawan Ekonomi di Masa Pandemi?” di Jakarta, Selasa (8/9).

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, selain pembiayaan murah, restrukturisasi, kebijakan fiskal, dan belanja produk UMKM, perlu ada pengoptimalan infrastruktur. “Infrastruktur apa? Yaitu seperti misalnya Pegadaian penting untuk dioptimalkan, juga resi gudang,” tambah Teten.

Dia menyebutkan, dari kunjungannya ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara Timur kemarin, banyak pelaku UMKM yang mengeluh modal usaha mereka sudah habis. Kebanyakan produk-produk mereka ini berupa kerajinan, seperti patung dan kain tenun.

“Produk-produk mereka ini tidak bisa masuk pasar, tetapi setidaknya, produk-produk ini harusnya bisa digadaikan. Lewat Pegadaian itu, akan sangat menolong,” pungkas Teten. (kop/ukm)

Share :

Baca Juga

Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Dok Kemenkop UKM

UMKM

Banpres Dilanjutkan, Prioritas UMKM yang Belum Terima
Mitra UMKM Pusatnusa. Foto/Beritanusa

UMKM

BLT UMKM Cair, Mitra Pusatnusa Manfaatkan untuk Tambah Modal Usaha
Ilustrasi peaku UMKM batik. Foto/MI

UMKM

Aturan UU Ciptaker Belum Akomodatif Bagi UMKM
UMKM digital.

UMKM

Perusahaan Ini Berikan Layanan Membuat Website Gratis untuk UMKM
UMKM Masker di Mojokerto. Foto: Istimewa

NUSANTARA

Dorong Produksi Lokal, Wagub Jatim Tinjau UMKM Penghasil Masker di Mojokerto
Kantor unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat melalui petugas Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) mulai mensurvei usaha dari mitra UMKM Pusatnusa, Senin (12/10). Foto/Beritanusa

UMKM

PTSP Kebon Jeruk Mulai Survei 15 Mitra UMKM Pusatnusa
Wakil Ketua DPR RI A. Muhaimin Iskandar. Foto: Istimewa

NASIONAL

Pemerintah Harus Lakukan Pendampingan Terhadap UMKM
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki. Foto/Ist

EKONOMI

Kementerian dan Lembaga Wajib Belanja Produk UMKM Minimal 40 Persen dari Pagu Anggaran