Home / UMKM

Jumat, 25 September 2020 - 10:59 WIB

Banyak UMKM yang Bergabung, PUSATNUSA Akan Jadi Badan Koperasi

Tangkapan layar PUSATNUSA.

Tangkapan layar PUSATNUSA.

JAKARTA, BERITANUSA.id – Banyaknya mitra UMKM yang tergabung dengan Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (PUSATNUSA) membuat organisasi nirlaba ini semakin bersemangat dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan. Salah satu upaya yang tengah dikerjakan ialah membentuk PUSATNUSA sebagai badan koperasi.

Humas PUSATNUSA Mahkota Kharisma mengatakan, sebanyak 20 mitra UMKM ikut berpartisipasi dalam penyuluhan perkoperasian oleh Sudin PPKUKM Jakarta Timur secara daring. Menurutnya, ini persyaratan jika ingin membentuk badan koperasi yang baru.

“Untuk menjadikan PUSATNUSA sebagai koperasi, salah satu syarat yang mutlak adalah harus ada minimal 20 anggota yang bergabung. Mitra kami pun sepakat menjadikan organisasi ini sebagai koperasi,” kata Kharisma di Jakarta, Jumat (25/9).

Sementara itu, Staf Koperasi Sudin PPKUKM Jaktim Nani Suryani yang memberikan penyuluhan tersebut menjelaskan, ada enam yang menjadi dasar hukum pembentukan koperasi. Pertama, UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemda bidang Koperasi dan PP Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Pelaksanaan Koperasi.

“Kemudian ada PP Nomor 4 Tahun 1994 tentang Persyaratan Koperasi, Permenkop Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Koperasi dan Permenkop Nomor 11 Tentang Perizinan Usaha Koperasi,” tambah dia.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, koperasi juga memiliki prinsip-prinsip dasar. Dimana keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka, pengelolaan dilakukan secara demokratis dan pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota.

“Kemudian ada prinsip lain seperti pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal, kemandirian, pendidikan perkoperasian hingga kerja sama antarkoperasi,” imbuh Nani.

Nani pun menyampaikan, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menjadikan PUSATNUSA sebagai badan koperasi. Salah satunya, kata dia, adalah meningkatkan kesejahteraan serta mengembangkan usaha para anggotanya.

“Saya turut mendukung PUSATNUSA sebagai badan koperasi yang baru karena bisa ikut berpartisipasi dalam memulihkan kondisi ekonomi nasional yang tengah terpuruk akibat pandemi. Semoga PUSATNUSA sukses selalu,” harap dia.

(heq)

Share :

Baca Juga

Bukan hanya batok kelapa yang dikembangkan dalam home industri, tetapi isi batok mulai diproduksi untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat Orang Asli Papua (OAP) di Merauke. Foto/Teropongnews

NUSANTARA

Home Industri Berbahan Batok Kelapa OAP Makin Berkembang
Pedagang mengemas sandal hasil industri kecil rumah tangga yang dipasarkan melalui daring di Denpasar, Bali, kemarin. Foto/Antara

UMKM

BUMN Susun Skema Tingkatkan Penyerapan Produk UMKM

UMKM

Kemenkopukm Gandeng OJK dan Polri untuk Mitigasi Investigasi Ilegal Berkedok Koperasi
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto/Ist

NASIONAL

Ketua MPR: Generasi Muda Harus Kembangkan Sektor UMKM
Ilustrasi--Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, terdapat 5 item produk yang akan disuplai oleh UMKM Indonesia untuk memenuhi kebutuhan Jemaah Haji dan umrah Indonesia di Arab Saudi. Foto/Istimewa

UMKM

5 Produk UMKM yang Akan Banjiri Arab Saudi
UMKM batik. Ist

UMKM

Tips Jitu Memulai Bisnis UMKM
Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa) Parluhutan Simanjuntak

NASIONAL

Ketua Umum Pusatnusa: Kedaulatan Bangsa Ini Kembali Diuji oleh Vaksin Covid-19
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

UMKM

Pemerintah Bakal Perpanjang BLT UMKM hingga Tahun Depan