Home / NASIONAL

Selasa, 12 Januari 2021 - 09:31 WIB

Basarnas Terima 45 Kantong Jenazah Korban SJ 182

Petugas DVI Polri membawa kantong jenazah yang diduga berisi potongan tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta- Pontianak. Foto/Antara

Petugas DVI Polri membawa kantong jenazah yang diduga berisi potongan tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta- Pontianak. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Basarnas menerima sebanyak 45 kantong jenazah hasil pencarian hari ketiga tim gabungan yang dilakukan hari ini, Senin (11/1). Pencarian dilakukan di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, atau lokasi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Sabtu (9/1) lalu.

“Hari ini kita mendapatkan 27 kantong jenazah yang berisi human remains, sehingga total hari ini yang sudah kita dapatkan berjumlah 45 kantong jenazah,” kata Kepala Basarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/1).

Tak hanya bagian tubuh korban insiden pesawat Boeing 737-524, Tim SAR gabungan juga menemukan puluhan serpihan kecil dan besar dari bagian pesawat.

Total temuan hingga Senin (11/1) Pukul 19.30 WIB, yakni 15 kantong potongan besar atau serpihan, dan 22 kantong temuan serpihan kecil.

Potongan tubuh langsung dibawa ke RS Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk dilakukan proses identifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri. Sementara serpihan pesawat diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Laporan dari Tim DVI Polri pada Pukul 17.00 WIB, Senin (11/1), telah diterima 53 sampel DNA dari keluarga korban penumpang Pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Sampel diterima tim DVI dari beberapa daerah di mana keluarga penumpang berasal.

Pihak keluarga korban bisa memberikan berbagai data kepada tim DVI sebagai pendukung proses identifikasi jenazah. Di antaranya seperti data antemortem atau data umum serta data rekam medis korban.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng menuju Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (9/1) lalu, jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Berdasarkan rilis dari Kementerian Perhubungan, Sriwijaya Air SJ 182 mengangkut total 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru. Sebanyak 40 orang dari total penumpang merupakan penumpang dewasa, tujuh di antaranya anak-anak, dan tiga bayi.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Warga mengibarkan bendera GAM. Foto/Ist

NASIONAL

Eks GAM Kibarkan Bendera Bulan Bintang saat Milad
Realisasi pembangunan lintas bawah atau Underpass Senen Extension saat ini sudah mencapai 87 persen. . Foto/Media Indonesia

NASIONAL

November 2020, Uji Coba Underpass Senen Extension Dimulai
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo. Foto: DPR RI

NASIONAL

Komisi IX DPR Dorong Riset Farmasi Berbasis Kearifan Lokal
Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Potensi Gempa dan Tsunami 18 Meter di Banyuwangi
Mahasiswa mengikuti kuliah secara daring selama pandemi Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Cara Dapatkan Bantuan KIP Rp200 Ribu untuk Mahasiswa
Sejumlah kendaraan berhenti saat lampu merah di dekat kawasan aturan ganjil-genap, Jalan Medan Merdeka Selatan. Foto/ANTARA/Sigid Kurniawan

NASIONAL

Ganjil Genap DKI Masih Belum Berlaku
Istri Edhy Prabowo, Iis Rosyita Dewi dalam lanjutan kasus izin ekspor benur di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 2020. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Periksa Istri Edhy Prabowo Soal Ekspor Benih Lobster
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi Pulangkan 1.057 Pendemo Tolak Omnibus Law Ciptaker