Home / NASIONAL

Selasa, 29 September 2020 - 14:10 WIB

Bawaslu: Tak Mudah Gelar Pilkada di Tengah Pandemi

Kantor Bawaslu RI. Ist

Kantor Bawaslu RI. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengatakan, Pilkada 2020 di tengah pandemi virus corona (Covid-19) tidak mudah. Penyebabnya, aktivitas politik harus sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Pilkada di tengah pandemi virus corona bukan tugas yang mudah, karena harus mengawasi tahapan yang juga sekaligus harus menerapkan protokol kesehatan,” kata Abhan melalui keterangan resminya, Selasa (29/9).

Menurut Abhan, jajaran pengawas wajib menaati protokol kesehatan Covid-19 karena selalu berada di lapangan.

“Memang pekerjaan yang sulit dan penuh risiko, namun itu adalah tantangan bagi penyelenggara dalam mengawal tahapan di tengah pandemi corona,” ujarnya.

Ia mengatakan, jajaran pengawas harus memberikan contoh dalam menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar. “Sebelum kami memberikan teguran kepada pihak KPU dan para peserta Pilkada 2020, tentu kami harus memberikan contoh,” ucapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mewajibkan para calon kepala daerah untuk disiplin protokol kesehatan, termasuk tahapan kampanye Pilkada 2020 yang dimulai Sabtu 26 September 2020 lalu. Aturan disiplin protokol kesehatan dibuat karena gelaran Pilkada tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, seluruh pihak yang terlibat dalam kampanye harus mengutamakan protokol kesehatan.

“Kami mengimbau semua pihak yang terlibat dalam kampanye, termasuk pasangan calon, tim kampanye, serta peserta kampanye dapat melaksanakan kampanye dengan tetap mematuhi aturan-aturan kampanye dan protokol kesehatan,” kata Raka.

Menurutnya, seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan kampanye intens berkoordinasi. Hal itu, untuk mengantisipasi adanya pelanggaran protokol kesehatan ketika melaksanakan kampanye.

“Dalam menyelenggarakan tahapan kampanye, koordinasi antara penyelenggara, peserta, dan para pihak terkait agar terus diintensifkan,” urainya.

KPU akan menggelar Pilkada 2020 di 270 daerah pada 9 Desember.

(heq/kpu)

Share :

Baca Juga

Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Antara

NASIONAL

PA 212 Serukan Aksi Demo 1812 di Istana Negara
Ilustrasi kebakaran. Foto/Ist

NASIONAL

Kebakaran di SPBU MT Haryono, Diduga Akibat Mobil Tangki Terbakar
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/Kemnaker

NASIONAL

Kemnaker Berikan Bantuan Padat Karya ke 25 Kelompok Tani
Ilustrasi simulasi perang TNI AD. Foto/Ist

NASIONAL

Hadapi Agresi Negara Asing, TNI AD Simulasi Perang di Sumsel
Banjir ibu kota Jakarta. Foto/BPBD DKI

NASIONAL

Banjir Setinggi 150 Sentimeter Genang Wilayah DKI
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto/AFP

NASIONAL

Pegawai KPK Mulai Disuntik Vaksin Corona Hari Ini
Vaksin virus Corona. Foto/Ist

NASIONAL

Vaksin Merah Putih Mulai Diuji Coba ke Hewan
Polisi menghadirkan artis Lucinta Luna (tengah) pada rilis kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2). Foto/Antara

NASIONAL

Lucinta Luna Bebas Tapi Masih Dalam Pengawasan Bapas