Home / NASIONAL

Jumat, 4 September 2020 - 14:19 WIB

Bela Negara Cegah Radikalisme

Menko PMK Muhadjir. Foto/Kemenko PMK

Menko PMK Muhadjir. Foto/Kemenko PMK

JAKARTA, BERITANUSA.id – Cikal bakal generasi penerus bangsa Indonesia harus memiliki jiwa bela negara yang didasari atas kecintaan kepada NKRI dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa bela negara memiliki nilai-nilai seperti cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara.

“Kemudian rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta mampu untuk membela negara. Inilah pentingnya bela negara untuk mencegah radikalisme. Radikalisme apa saja. Caranya dengan melatih kepemimpinan, baik mandiri maupun berkelompok,” kata Menko Muhadjir.

Saat menjadi pembicara pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 Universitas Abdurrab Pekanbaru melalui video conference, Kamis (3/9), Menko Muhadjir mengatakan mahasiswa adalah ujung tombak dalam upaya membela negara.

Oleh sebab itu, pendidikan bela negara di lingkungan kampus harus diperkuat untuk membentengi mahasiswa agar tidak mudah terpengaruh oleh radikalisme yang dapat mengancam keutuhan NKRI.

Namun pada dasarnya, Menko Muhadjir meyakini sikap radikal ini sebetulnya positif, tapi ketika dilabeli -isme sering dimaknai tidak baik apalagi jika dikaitkan dengan politik. Faktanya radikalisme di kampus itu ada sehingga itu jadi tanggung jawab kita semua untuk membentengi dengan jiwa bela negara.

“Bersikap keras pada diri sendiri adalah prasyarat jika ingin berhasil dalam kehidupan dan menjadi pemimpin. Saat kita bisa menghindarkan diri dari pengaruh negatif terutama yang mengarah pada sikap radikal dan intoleran bahkan sampai ekstrim melakukan tindakan kekerasan, maka kita juga akan bisa menyelamatkan Indonesia dari berbagai ancaman,” kata Menko Muhadjir. (*)

Share :

Baca Juga

Penyidik KPK Novel Baswedan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/6). Foto/MI

NASIONAL

Novel Baswedan Disebut Pimpin OTT Menteri Edhy
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Istimewa

NASIONAL

Terawan: Serapan Anggaran Rendah Karena Pasien Meninggal Sedikit
Ilustrasi penangkapan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Artis Berinisial JJ Ditangkap di Ancol Karena Narkoba
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 November 2020. Foto/ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

NASIONAL

KPK Geledah Rumah Edhy Prabowo, Temukan 8 Sepeda dan Uang Rp4 Miliar

NASIONAL

Pemberian Stimulus Listrik Diperpanjang
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/8). Foto: BPMI Setpres/Lukas

NASIONAL

Presiden Jokowi Optimistis Vaksin Covid-19 Segera Ditemukan
Foto/Kemenparekraf

NASIONAL

Pentingnya Media dalam Bangun Persepsi Publik di Era Pandemi
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Menteri Edhy Terjaring OTT KPK, Dugaan Korupsi Ekspor Benur