Home / UMKM

Kamis, 5 November 2020 - 10:33 WIB

Belasan Mitra Pusatnusa Telah Kantongi IUMK

Mitra UMKM Pusatnusa telah kantongi surat izin usaha mikro dan kecil (IUMK). Foto/Beritanusa

Mitra UMKM Pusatnusa telah kantongi surat izin usaha mikro dan kecil (IUMK). Foto/Beritanusa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Sebanyak 11 pelaku usaha mikro (UMKM) yang bermitra dengan Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa) telah terverifikasi dan mendapatkan surat izin usaha mikro dan kecil (IUMK) yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta.

Humas Pusatnusa Wais Alqorni mengatakan, hampir seluruh UMKM yang bermitra belum memiliki IUMK. Oleh karena itu, selama ini pihaknya terus proaktif membantu dengan mengumpulkan seluruh berkas persyaratan mendirikan UMKM guna pengajuan IUMK bagi para mitra.

“Pada bantuan tahap I ini sudah ada 11 mitra UMKM Pusatnusa yang telah terbit IUMK-nya oleh Pemprov DKI. Nantinya, insyaallah seluruh mitra kami akan mendapatkan IUMK tersebut di tahap-tahap berikutnya,” kata Wais melalui keterangan resminya, Kamis (5/11).

Mulyanah (55), salah satu mitra UMKM Pusatnusa pemilik warung sembako ‘Po Mumun’ yang sudah memiliki IUMK mengatakan, dirinya bersyukur bisa bergabung dengan Pusatnusa. Dengan bergabung bersama organisasi nirlaba ini, usahanya merasa sangat terbantu di tengah pandemi.

“Alhamdulillah sudah terbit IUMK saya yang semuanya diurusi oleh pihak Pusatnusa. Bersyukur sekali bisa terbantu, kalau saya kan tidak tahu apa-apa ya jadi mereka yang mengurusnya,” ujar Mulyanah.

IUMK sendiri merupakan surat legalitas bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya. Selain untuk kepastian hukum, IUMK dapat menjadi sarana pemberdayaan pelaku usaha.

Bagi pemilik IUMK nantinya akan mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha dari pemerintah daerah dan/atau lembaga lainnya berupa pendataan, fasilitasi akses permodalan, penguatan kelembagaan, pembinaan dan pendampingan bimbingan teknis, mengembangkan kemitraan dengan dunia usaha dan mendapat kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Pusatnusa juga berhasil meloloskan empat mitra UMKM-nya mendapatkan dana banpres produktif atau BLT dari pemerintah senilai Rp2,4 juta. Hal ini sejalan dengan visi misi Pusatnusa yang ingin mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat melalui UMKM.

Berikut mitra UMKM Pusatnusa yang telah memiliki IUMK:

Surat izin usaha mikro dan kecil (IUMK) mitra Pusatnusa.

Surat izin usaha mikro dan kecil (IUMK) mitra Pusatnusa.

(heq)

Share :

Baca Juga

Peternak unggas. Foto/Ist

UMKM

Kemitraan Jadi ‘Jurus’ Peternak Unggas Eksis saat Pandemi
Pekerja membuat masker dari kain batik di sebuah usaha kecil menengah (UKM). Foto/Antara

UMKM

Sederet Usaha yang Bisa Daftar BLT Rp2,4 Juta
UMKM digital.

UMKM

4 Langkah Transformasi Digital Pelaku UMKM
Tampilan Pasar Nusa Digital.

UMKM

Sistem Pasar Nusantara, Program Tepat untuk Pelaku UMKM
Karyawan bank menghitung tumpukan uang Rupiah. Foto/MI/Ramdani

EKONOMI

BRI dan OVO Bantu UMKM dengan Salurkan Kredit Modal
Kantor unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat melalui petugas Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) mulai mensurvei usaha dari mitra UMKM Pusatnusa, Senin (12/10). Foto/Beritanusa

UMKM

PTSP Kebon Jeruk Mulai Survei 15 Mitra UMKM Pusatnusa
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Standardisasi Produk Tantangan UMKM Tembus Pasar Global
Pedagang mengemas sandal hasil industri kecil rumah tangga yang dipasarkan melalui daring di Denpasar, Bali, kemarin. Foto/Antara

UMKM

Kabar Baik! UMKM Bisa Ajukan Pinjaman hingga Rp50 Juta