Home / NASIONAL

Kamis, 1 Oktober 2020 - 12:45 WIB

Belum Ada Metodologi Prediksi Waktu Gempa Bumi

Ilustrasi gempa bumi. Ist

Ilustrasi gempa bumi. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan, riset kebencanaan bukan dimaksudkan membuat ketakutan di kalangan masyarakat.

Tapi dengan mengetahui ancaman dan potensi, protokol kebencanaan harus ditingkatkan guna meminimalkan risiko. Apalagi Indonesia berada di cincin api (ring of fire) yang rawan gempa bumi, tsunami, bahkan bencana hidrometeorologi.

“Masyarakat harus lebih memahami lokasi yang ditinggalinya, apakah terdapat ancaman bencana tertentu. Riset tersebut harus membuat kita lebih waspada dan antisipatif terhadap potensi tersebut,” kata Bambang dalam acara pertemuan virtual untuk membahas khusus Risiko Tsunami di Selatan Jawa, Rabu (30/9).

Bambang menegaskan, sampai saat ini belum ada metodologi yang bisa memprediksi kapan gempa bumi akan terjadi. Untuk itu, mitigasi terhadap dampak bencana perlu terus diperkuat.

Untuk memperkuat mitigasi, para ahli pun melakukan riset, dan kajian yang mendalam potensi bencana, seperti yang baru saja dipublikasikan oleh tim peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan sejumlah institut terkait gempa megathrust diikuti tsunami maksimal setinggi 20 meter di Selatan Jawa.

“Oleh karena itu, riset kebencanaan menjadi salah satu fokus Kemenristek. Salah satunya riset sesar gempa yang aktif di Pulau Jawa bagian barat, tengah dan timur. Penelitian kebencanaan di luar Pulau Jawa juga perlu diperhatikan,” paparnya.

Disebutkan, sebagai mitigasi, teknologi system peringatan dini tsunami sudah dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan menghasilkan buoy dan system kabel bawah laut.

“Penduduk yang terekspos bencana juga perlu lebih berhati-hati. Pembangunan di daerah rawan bencana juga perlu dibangun lebih hati-hati,” ungkapnya.

(ris/tek)

Share :

Baca Juga

Sebagian pekerja di DKI Jakarta saat PSBB. Foto/MI

NASIONAL

PSBB Jawa-Bali, WFH Wajib 75 Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria menggunakan masker. Foto/Antara

NASIONAL

Dua Pucuk Pimpinan DKI Positif Covid Bersamaan
Gubernur DKI Jakarta Anies melantik penjabat sekretaris daerah. Foto/DKI

NASIONAL

Anies Lantik Penjabat Sekretaris Daerah DKI Jakarta
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono (Kanan). Foto/MI

NASIONAL

Soal Maklumat Kapolri, Kebebasan Pers Tetap Dijamin
Ojek daring terdampak pemberlakuan PSBB. Pengemudi ojek daring menunggu pesanan di kawasan gedung perkantoran Sudirman, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Satgas Klaim Kasus dan Pasien RS Turun Sepekan PPKM Mikro
Menteri Kesehatan Terawan. Foto/Ist

NASIONAL

Menkes: Pemerintah Pastikan Layanan dan Sistem Kesehatan Tetap Berjalan
Indonesia menjadi Dewan Keamanan PBB. Ist

GLOBAL

Catatan Positif Presidensi RI di DK PBB
Presiden Joko Widodo. Foto/Dok Biro Sekretariat Presiden

NASIONAL

Jokowi Perintahkan Kapolri Selektif Terima Laporan UU ITE