Home / NASIONAL

Senin, 17 Agustus 2020 - 20:49 WIB

Bertepatan HUT ke-75 RI, PUSATNUSA Lantik Pengurus Daerah

Pelantikan PUSATNUSA.

Pelantikan PUSATNUSA.

JAKARTA, BERITANUSA.id – Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8), organisasi nirlaba Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (PUSATNUSA) resmi melantik sejumlah pengurus daerah tingkat nasional. Para pengurus yang dilantik diharapkan turut andil mewujudkan upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Didorong oleh ketulusan dan hati nurani yang paling dalam, padu dengan semangat juang
dan pengorbanan para pahlawan, harapan rakyat dan para pahlawan pendahulu kita, goncangan covid-19 terhadap kehidupan dan ekonomi, anggaran besar namun hasil belum optimal, kami menawarkan satu sistem yang diberi nama PUSATNUSA yang dikelola oleh rakyat Indonesia di wadah daring online pusatnusa.com,” kata Ketua Umum PUSATNUSA Parluhutan SE.Ak, M.Ak, CA, CMA, di Gedung Topad, Jakarta.

Parluhutan menjelaskan, PUSATNUSA melampui sistem digital terkini yang cakupannya jauh lebih luas dari sistem marketplace yang sudah berjalan. PUSATNUSA, lanjutnya, tidak seperti marketplace yang menjamur saat ini dimana berorientasi profit dan umumnya milik investor asing, bukan rakyat pelaku UMKM.

Pria yang akrab disapa Topad ini juga memaparkan, pengembangan dan implementasi sistem PUSATNUSA ini diharapkan dapat mewujudkan visi misi yang ditetapkan.

Visi misi tersebut di antaranya terjadinya interaksi masyarakat mulai dari pelaku UMKM penghasil atau produsen, UMKM distribusi, UMKM penunjang, lumbung rakyat, pasar rakyat, gerobak rakyat, donatur rakyat, cerdik pandai, pengurus terintegrasi dalam satu wadah yang mampu membangkitkan kebersamaan, persaudaraan, persatuan, gotong royong, kepedulian, ekonomi kerakyatan dan kejujuran.

“Kemudian, membatasi keramaian di pasar dan kontak fisik dapat membatasi penyebaran covid-19, mengurangi kemacetan, efisiensi waktu, harga stabil dan atas hasil kesepakatan bersama, menekan pengangguran, memberdayakan masyarakat, menciptakan lapangan kerja baru,” paparnya.

Lebih lanjut, Parluhutan mengungkapkan, dengan sistem tersebut juga bisa melatih dan menghantarkan rakyat menuju rakyat yang cerdas, mandiri dan bertanggungjawab, menciptakan sistem marketplace sosial, ‘dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat’. Serta, rakyat berdaulat dan tidak ketergantungan, rakyat rukun, damai dan sejahtera.

“Dengan begitu, Indonesia bisa berjaya dan disegani ditataran pergaulan Dunia Internasional,” lanjutnya.

Selain melantik pengurus daerah, PUSATNUSA juga turut merayakan peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI. Peringatan tersebut dihadiri oleh undangan yang sangat terbatas dimana maksimal tiga orang mewakili dari masing-masing unsur masyarakat, mulai dari wakil pemerintah, tokoh masyarakat, ormas, pengurus, dan unsur lainnya.

Acara juga disiarkan melalui webcam dan zoom yang disaksikan oleh masyarakat dan juga pengurus yang sudah terbentuk maupun yang akan terbentuk. Adapun, acara dikemas oleh pemuda-pemudi warga PUSATNUSA dengan menyusun konsep yang menarik, kreatif dan mampu membangkitkan semangat bagi yang menyaksikan secara langsung maupun melalui zoom. (heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi peneliti yang mencermati sampel tes covid-19. Foto/AFP

NASIONAL

Mengenal 6 Vaksin Covid yang Digunakan di RI
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto/Antara

NASIONAL

Moeldoko Resmi Jadi Ketum Demokrat Versi KLB
Presiden Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Kalau Tak Mau Divaksin Rugikan Diri dan Orang Lain
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Vaksinasi Jangan Buat Masyarakat Abai Prokes
Ilustrasi orang pakai masker. Foto/Ist

NASIONAL

NTT-Papua Sumbang Zona Hijau Covid-19 Terbanyak
Asops Kasau Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi saat menjelaskan terkait proses pencarian pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di Kepulauan Seribu, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (10/1). Foto/Antara

NASIONAL

Henri Alfiandi Resmi Dilantik Jadi Kepala Basarnas
Jalan Tol Borr Seksi 3A Simpang Yasmin - Semplak memili panjang 2,85 Km. Foto/Jasa Marga

NASIONAL

Makin Panjang, Tol BORR Seksi IIIA Siap Dioperasikan
Taman kota Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Taman-Hutan Kota Ditutup Saat Natal dan Tahun Baru