Home / EKONOMI

Kamis, 25 Februari 2021 - 14:40 WIB

BI Akan Terbitkan Uang Digital

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan pers hasil Rapat Dewan Gubernur di kantor Bank Indonesia. Foto/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan pers hasil Rapat Dewan Gubernur di kantor Bank Indonesia. Foto/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bahwa bank sentral akan menerbitkan mata uang digital. Saat ini, perumusan bank sentral mata uang digital masih dilakukan.

Pernyataan itu dilontarkan Perry untuk menanggapi pertanyaan Pendiri CT Corp Chairul Tanjung terkait uang kripto dalam CNBC Economic Outlook 2021, Kamis (25/2).

“Kami sedang rumuskan yang nanti kemudian BI akan terbitkan central bank digital currency,” ujar Perry.

Perry mengungkapkan uang digital itu nantinya akan diedarkan bersama bank dan fintech secara wholesale maupun retail.

“Dalam konteks ini, kami juga melakukan kerja sama beserta dengan bank-bank sentral lain. Kami antara bank sentral saling studi untuk menyusun dan mengeluarkan insyaallah ke depannya central bank digital currency,” ujarnya.

Terkait peredaran bitcoin, Perry menegaskan uang kripto itu tidak sah sebagai alat pembayaran di Indonesia. Hal itu sesuai dengan Undang-undang tentang Mata Uang yang menyatakan seluruh alat pembayaran menggunakan koin, kertas dan digital menggunakan rupiah.

“Sejak dari awal kami sudah ingatkan dan tegaskan bitcoin tidak boleh sebagai alat pembayaran yang sah demikian juga mata uang lain selain rupiah,” tegasnya.

Mengutip Reuters, popularitas bitcoin sempat menyentuh rekor tertinggi pada Minggu (21/2) lalu yakni US$58 ribu atau Rp812 juta. Kenaikan terjadi seiring banyaknya perusahaan mainstream yang mengadopsinya seperti Tesla Inc dan Mastercard.

Namun pekan ini, bitcoin sudah kembali ke bawah US$50 ribu karena komentar skeptis sejumlah tokohdi antaranya Elon Musk, Bill Gates, dan Menteri Keuangan AS Janet Yellen.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi penukaran uang rusak. Foto/Ist

EKONOMI

BI Kembali Buka Layanan Penukaran Uang Rusak
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat Indonesia untuk membenci produk luar negeri. Foto/BPMI

EKONOMI

Pemerintah Kembali Beri UMKM Insentif dan Stimulus
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Program BLT UMKM Bakal Lanjut pada 2021
Penerima bansos. Foto/Antara

EKONOMI

Penyaluran Program PEN Terbesar dari Klaster Perlindungan Sosial
Pekerja di DKI Jakarta. Foto/Ayo Jakarta

EKONOMI

Subsidi Gaji Telah Disalurkan kepada 11,9 Juta Pekerja
Pemberian insentif kepada peserta pelatihan Kartu Prakerja tetap sama yakni Rp2.400.000 yang akan diberikan selama empat bulan. Foto/Antara

EKONOMI

Pemerintah Resmi Buka Pendaftaran Kartu Prakerja 2021
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Data Tak Valid, 150 Ribu Pekerja Gagal Dapat Subsidi Upah
Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

EKONOMI

10 Juta Pekerja Telah Terima Bantuan Subisidi Gaji