Home / EKONOMI

Jumat, 19 Februari 2021 - 13:04 WIB

BI Beri Syarat Kredit Mobil DP 0 Persen

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan pers hasil Rapat Dewan Gubernur di kantor Bank Indonesia. Foto/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan pers hasil Rapat Dewan Gubernur di kantor Bank Indonesia. Foto/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

JAKARTA, BERITANUSA.id – Bank Indonesia (BI) menurunkan batas uang muka atau DP mobil nol persen. Relaksasi kredit mobil ini berlaku mulai 1 Maret-31 Desember 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan kebijakan ini dikeluarkan untuk mendukung rencana pemerintah untuk membebaskan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) mobil baru. Namun, tak semua perbankan bisa memberikan DP 0 persen.

Perry menyatakan pelonggaran uang muka kredit kendaraan bermotor ini wajib memperhatikan prinsip-prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko. Salah satu yang diperhatikan ialah rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) perbankan.

“Rasio kredit atau pembiayaan bermasalah secara bruto kurang dari 5 persen. Rasio kredit atau pembiayaan bermotor bersama secara neto kurang dari 5 persen,” imbuh Perry dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (19/2).

Itu berarti, DP 0 persen hanya bisa diberikan oleh perbankan yang memiliki NPL di bawah 5 persen. Untuk bank yang memiliki NPL di atas 5 persen, maka DP kredit kendaraan bermotor untuk roda dua dan roda tiga atau lebih non produktif 10 persen.

Sementara, bank yang memiliki NPL di atas 5 persen dapat memberikan DP sebesar 5 persen untuk kredit kendaraan bermotor roda tiga atau lebih produktif.

Sebagai informasi, saat ini pemerintah sedang merancang aturan pembebasan PPnBM mobil baru. Aturan tersebut masih diproses oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Pemerintah akan membebaskan PPnBM mobil baru mulai 1 Maret 2021. Kebijakan itu hanya berlaku selama tiga bulan, yakni sampai Mei 2021.

Namun, relaksasi pajak ini hanya bisa dinikmati oleh mobil di bawah atau sama dengan 1.500 cc, yaitu untuk kategori mobil sedan dan mobil 4×2.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Antara/Muhammad Adimaja

EKONOMI

Realisasi Dana PEN 2020 Cuma 83,4 Persen
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Banpres Produktif Telah Disalurkan ke 1,6 Juta UMKM
Ketua Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) Sunarso. Foto/Ist

EKONOMI

Krisis Ekonomi 2020 Berbeda dengan 1998
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Lahan yang Tidak Dipelihara Bakal Diberi Status Terlantar
Perajin tempe. Foto/Antara

EKONOMI

Keluh Kedelai Mahal, Perajin Tempe Mogok Produksi
Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek di Jakarta. Foto/Istimewa

EKONOMI

Korupsi BPJS Ketenagakerjaan Diduga Terkait Investasi
Ilustrasi daftar Kartu Prakerja. Foto/Ist

EKONOMI

Cara Cairkan Insentif Kartu Prakerja
Pekerja perempuan melakukan aksi di depan kantor Kementerian PPPA, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Foto/Antara

EKONOMI

Tak Dapat Bansos, Buruh Perempuan Sulit Cari Makan