Home / EKONOMI

Jumat, 22 Januari 2021 - 20:48 WIB

BI: Transaksi Digital Banking Tembus Rp2.774 T

Ilustrasi--Transaksi digital. Foto/MI

Ilustrasi--Transaksi digital. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Bank Indonesia (BI) mencatat volume transaksi digital banking melejit 41,53 persen menjadi 513,7 juta transaksi pada Desember 2020. Sementara, nilai transaksinya naik 13,91 persen menjadi Rp2.774,5 triliun pada periode yang sama.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan volume dan nilai transaksi itu meningkat karena besarnya aktivitas belanja online masyarakat jelang pergantian tahun. Hal ini juga didukung perubahan kebiasaan masyarakat dari pembayaran tunai menjadi nontunai di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

“Transaksi ekonomi dan keuangan digital terus tumbuh tinggi sejalan dengan penggunaan platform e-commerce dan instrumen digital di masa pandemi,” ujar Perry saat konferensi pers hasil rapat dewan gubernur BI secara virtual, Kamis (21/1).

Begitu pula dengan transaksi menggunakan uang elektronik. Jumlahnya meningkat 30,44 persen menjadi Rp22,1 triliun.

Sementara nilai transaksi masyarakat menggunakan uang tunai atau uang kartal yang diedarkan meningkat 13,25 persen menjadi Rp898,9 triliun.

Hal ini berbanding terbalik dengan transaksi pembayaran menggunakan ATM, kartu debet, dan kartu kredit. Tercatat, nilai transaksi cuma tumbuh 1,36 persen menjadi Rp695,5 triliun.

Ke depan, bank sentral nasional memperkirakan pola transaksi pembayaran masyarakat akan terus meningkat di saluran digital. Hal ini didukung oleh kondisi pasar keuangan yang lebih cepat melalui bantuan teknologi dan infrastrukturnya.

“Bank Indonesia terus mengakselerasi kebijakan digitalisasi sistem pembayaran untuk pembentukan ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien, serta untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Foto/Detikcom

EKONOMI

Penyaluran KUR dari Bank BUMN Capai Rp188 T pada 2020
Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi melakukan monitoring dan evaluasi program Banpres Produktif Usaha Mikro di provinsi Kalimantan Timur sekaligus meninjau pelaku usaha mikro yang mendapatkan Program Banpres Produktif. Samarinda, Selasa (17/11). Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Banpres UMKM Harus Tepat Sasaran dan Pemanfaatan
Ilustrasi laut Indonesia. Foto/Antara

EKONOMI

Ada 464 Titik Harta Karun Bawah Laut di RI
Pemerintah terus mendorong pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Bidang Perumahan melalui penyaluran padat karya bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah guna mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) pada masa pandemi Covid-19 ini. Foto/Kemen-PUPR

EKONOMI

Program Padat Karya Tunai BSPS Dukung PEN
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj. Foto/MI

EKONOMI

Ketum PBNU Said Aqil Siradj Jadi Komisaris Utama PT KAI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Ist

EKONOMI

Pemulihan Ekonomi Jakarta Sasar Masyarakat Rentan hingga UMKM
Penerima manfaat menunjukkan Kartu Prakerja. Foto/Antara

EKONOMI

5 Syarat Alumni Kartu Prakerja Dapat KUR
Ekonomi Singapura masuk dalam resesi pada kuartal terakhir seiring dengan terpukulnya bisnis dan belanja ritel akibat perpanjangan karantina wilayah alias lockdown. (Foto: MSN)

EKONOMI

Akibat Pandemi Virus Corona, Singapura Masuk Resesi