Home / NASIONAL

Senin, 18 Januari 2021 - 22:43 WIB

Biaya Umrah Naik Jadi Rp26 Juta Saat Pandemi

Ibadah umrah dan haji. Foto/Saudi Express

Ibadah umrah dan haji. Foto/Saudi Express

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Agama (Kemenag) RI secara resmi menaikkan tarif standar atau tarif referensi umrah dari Rp20 juta menjadi Rp26 juta bagi para umat Islam yang hendak melaksanakan ibadah umrah di masa pandemi virus Corona (Covid-19).

Tarif tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 777/2020 tertanggal 16 Desember 2020 dan disahkan oleh Menteri Agama periode 2019-2020 Fachrul Razi.

“Menetapkan besaran Biaya Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah Referensi (BPPIU Referensi) masa pandemi sebesar Rp26 juta,” bunyi Keputusan Menteri Agama tersebut dikutip Senin (18/1).

Penetapan tarif standar umrah di tengah pandemi meliputi tiga komponen pembiayaan yakni, biaya pelayanan jamaah umrah di Indonesia, biaya pelayanan jamaah umrah dalam perjalanan, dan biaya pelayanan jamaah umrah di Arab Saudi.

Tiga komponen itu turut memperhitungkan biaya penerbangan pulang pergi bagi jemaah dari Indonesia ke Arab Saudi dan sebaliknya.

Angka tersebut menjadi pedoman wajib bagi Kemenag dan pihak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Kemenag akan bertugas melakukan pengawasan dan pengendalian kepada PPIU.

Pengawasan dilakukan agar layanan yang diberikan kepada jemaah umrah sesuai standar pelayanan minimal dan protokol kesehatan Covid-19.

Sementara PPIU wajib merujuk edaran tersebut dalam menetapkan BPPIU sesuai standar pelayanan minimal dan protokol Kesehatan Covid-19.

Aturan tersebut juga mengingatkan pihak PPIU yang menetapkan biaya umrah di bawah Rp 26 juta. Kemenag tidak langsung menetapkan sanksi pada PPIU tersebut.

“Dalam hal PPIU menetapkan BPPIU di bawah besaran BPPIU referensi, PPIU wajib melaporkan secara tertulis kepada Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh,” bunyi keputusan tersebut.

Sebelum masa pandemi, Kemenag telah menetapkan biaya referensi penyelenggaraan umrah sebesar Rp20 juta. Angka itu tercantum dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah.

Sejumlah kebijakan diterapkan di antaranya 75 persen bekerja dari rumah atau Work From Home hingga pembatasan jam operasional tempat-tempat umum.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Jembatan Jalur Pantura di Sungai Rembun, perbatasan antara Pekalongan -Pemalang Jawa Tengah, ambles. Foto/iNews TV

NASIONAL

Jalur Nasional Terhambat Akibat Jembatan Pantura Ambles
Buruh unjuk rasa tolak omnibus law. Foto/Ist

NASIONAL

9 Alasan Buruh Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law

NASIONAL

Menristek Dorong Perguruan Tinggi Turut Kembangkan Industri Nasional
Foto/Kemendagri

NASIONAL

Abaikan Protokol Kesehatan, Kemendagri Usulkan Sanksi
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Antara

NASIONAL

Tito Minta Pemda Percepat Aduan Pelayanan Publik
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Sederet Program Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri
Foto: Istimewa

NASIONAL

Kemendag Dukung Digitalisasi Kredit Permodalan untuk UMKM
Kantor Bawaslu RI. Foto/Ist

NASIONAL

Bawaslu Temukan 37 Kasus Dugaan Politik Uang di Pilkada 2020