Home / GLOBAL

Senin, 25 Januari 2021 - 21:16 WIB

Biden Kembali Terapkan Larangan Masuk ke AS

Presiden AS Joe Biden. Foto/AFP

Presiden AS Joe Biden. Foto/AFP

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, membatalkan keputusan pendahulunya, Donald Trump, dan kembali menerapkan larangan masuk bagi penduduk dari sejumlah negara di dunia untuk berkunjung ke AS akibat virus corona (Covid-19).

Dalam aturan terbaru itu, Biden turut melarang penduduk Afrika Selatan, Brasil, Inggris dan Irlandia datang ke AS untuk sementara waktu.

Dilansir Associated Press, Senin (25/1), Biden melarang penduduk Afrika Selatan berkunjung untuk sementara karena di negara itu tengah terjadi penyebaran virus corona jenis baru.

Padahal, Trump memutuskan mencabut larangan kunjungan warga negara asing itu sehari sebelum Biden dilantik, yakni pada 19 Januari lalu.

Pada pekan lalu, Biden juga menerbitkan keputusan presiden yang mewajibkan pendatang asing menjalani karantina saat tiba di AS.

Biden juga mewajibkan penduduk AS berusia 2 tahun atau lebih untuk menyertakan hasil pemeriksaan yang menyatakan mereka negatif Covid-19 tiga hari sebelum berangkat.

Negara-negara yang sampai saat ini penduduknya dilarang masuk ke AS akibat situasi pandemi Covid-19 adalah China (termasuk penduduk Hong Kong dan Makau), Iran, Brasil, Inggris, Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

(ap/ayp)

Share :

Baca Juga

GLOBAL

Pemerintah Iran Diduga Rekayasa Data Jumlah Kasus Covid-19
Ilustrasi hacker. Foto/Thinkstock

GLOBAL

Selebgram Nigeria Bantu Hacker Korut Curi Rp18,3 T
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Foto/Ist

GLOBAL

Indonesia Desak Cina Investigasi Kasus Eksploitasi ABK WNI
Unjuk rasa karena Pemilu di Kyrgyzstan. Foto/Ist

GLOBAL

Pemilu Rusuh, PM Kyrgyzstan Mengundurkan Diri
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi vaksinasi COVID-19 di RS Islam, Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12). Foto/ANTARA

GLOBAL

Malaysia Bakal Gratiskan Vaksin Covid untuk Warga Asing
Aksi demonstrasi menentang kudeta militer Myanmar di Yangon. Foto/AFP

GLOBAL

Pedemo Myanmar Serukan Mogok Besar-besaran Tolak Kudeta
Suasana masa pandemi di Inggris. Foto/Liputan6

GLOBAL

Satu dari 50 Warga Inggris Positif Covid-19
Ibadah umrah dan haji. Foto/Saudi Express

GLOBAL

Arab Saudi Akan Buka Umrah untuk Jemaah Lokal