Home / NASIONAL

Kamis, 4 Februari 2021 - 20:35 WIB

Biro Umrah Minta Jemaah Tak Refund Dana

Ilustrasi ibadah umrah. Ist

Ilustrasi ibadah umrah. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Syam Resifadi meminta calon jemaah haji dan umrah tak menarik dananya (refund) di agen atau biro perjalanan menyusul larangan penerbangan internasional dari Indonesia oleh pemerintah Arab Saudi.

Pasalnya, hal tersebut berada di luar jangkauan pihaknya sebagai penyelenggara perjalanan haji dan umrah.

“Ya semoga saja semua pihak yang terkait ini berlapang dada dan bisa menerima bahwa ini bukan kemauan kita bersama. Sehingga apa-apa yang memang terjadi dan sudah dikeluarkan biaya-biaya yang ada, bisa dipertahankan untuk tidak dibatalkan,” ucap dia dalam keterangan resmi Rabu (3/2).

Meski demikian, ia menegaskan bahwa konsumen tetap memiliki hak untuk membatalkan perjalanan dan meminta uangnya dikembalikan, terutama jika larangan tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Karena itu, ia meminta berbagai pihak.mulai dari perhotelan, maskapai, hingga transportasi di Makkah dan Madinah untuk membantu pengembalian dana kepada calon jemaah.

“Pihak-pihak terkait termasuk hotel, maskapai dan segala macam harus bisa mengembalikan data tersebut kepada pihak yang bersangkutan, terutama jemaah. Include masalah visa umroh itu sendiri dalam sistem yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi,” terangnya.

Ia juga menyesalkan ketidaksiapan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi untuk mengantisipasi merebaknya covid-19. Pemerintah seperti tak punya pengalaman dalam menangani potensi penularan virus antar jemaah.

“Tidak seperti yang kita rasakan waktu adanya virus meningitis virus flu dan segala macam kita sudah siap dengan vaksin, tetapi sekarang ini begitu bergejolak dan segala macam,” imbuhnya.

Padahal jika pemerintah sudah memitigasi kondisi tersebut, keberangkatan calon jemaah umrah dua pekan mendatang bisa terlaksana dengan lancar.

“Ini menyebabkan jadwal yang sudah kita siapkan untuk keberangkatan pekan ketiga dan keempat Februari ini gagal total dan harus tertunda lagi di mana tentu akan mengakibatkan banyak kerugian semua pihak yang terkait,” pungkasnya.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi virus corona. Ist

NASIONAL

Update Corona 8 September: 200.035 Positif, 142.958 Sembuh
Ilustrasi pilkada 2020. Foto: Istimewa

NASIONAL

Regulasi Kampanye Pilkada 2020
Foto/TNI

NASIONAL

Hari Ini, TNI Peringati HUT ke-75 di Istana Negara Secara Virtual
Pedagang menyelamatkan barang dagangan saat banjir di Pasar Raya Cipulir, Jakarta Selatan, hari ini. Foto/Antara

NASIONAL

Pakar Kritik Klaim Anies Soal Banjir Surut 6 Jam
Kapolri Jenderal Idham Azis saat memimpin Sertijab Pati Polri. Foto/Ist

NASIONAL

Kapolri Naikkan Pangkat 44.884 Personel di Seluruh Indonesia
Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak. Foto/Antara

NASIONAL

Kejagung Sita Tambang Nikel 23.000 Hektare Milik Heru Hidayat
KKP kembangkan teknologi pembenihan Rajungan. Ist

NASIONAL

KKP Kembangkan Teknologi Pembenihan Rajungan
Kantor Bawaslu RI. Ist

NASIONAL

Bawaslu: Tak Mudah Gelar Pilkada di Tengah Pandemi