Home / NASIONAL

Rabu, 30 Desember 2020 - 10:06 WIB

BLT Mulai Disalurkan Januari 2021, Risma: Jangan Beli Rokok

Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto/BPMI Setpres

Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto/BPMI Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah memutuskan mengubah skema bantuan sosial (bansos) sembako menjadi bantuan langsung tunai (BLT) pada tahun 2021 untuk wilayah Jabodetabek. BLT ini diharapkan jangan dibelikan rokok karena bisa mengganggu rencana penanganan Covid-19.

“Untuk wilayah Jabodetebek yang tahun ini menggunakan skema sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai (BLT) yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah jadi tidak perlu datang ke kantor pos,” jelas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/12).

Menteri Sosial Tri Rismaharini kemudian menjelaskan teknis pemberian bantuan ini. Risma bilang BLT akan diserahkan kepada 18,8 juta penerima senilai Rp200 ribu mulai Januari hingga Desember 2021.

“Kami ingin menyampaikan sebagaimana tadi disampaikan oleh Bapak Menko bahwa penerima program sembako atau BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) itu tahun ini (2020) adalah 18,8 juta penerima senilai 200 ribu per bulan. Itu akan diberikan mulai Januari sampai dengan Desember,” ucapnya.

Risma menegaskan, bantuan sembako yang kini diubah menjadi bantuan langsung tunai ini tak boleh dibelikan rokok. Pihaknya akan menyiapkan alat untuk melacak belanja masyarakat penerima bantuan ini.

“Sesuai sudah disampaikan oleh Bapak Menko dan ini juga disampaikan oleh Bapak Presiden, bahwa tidak ada lagi untuk pembelian rokok dan kami akan pantau. Kami akan pantau, karena insyaallah bulan Februari kami sudah akan menyiapkan tools, alat, untuk kami akan mengetahui belanja apa saja yang akan (digunakan) dengan uang itu,” tegas Risma.

Ia tak ingin masyarakat penerima bantuan ini malah belanja rokok karena dikhawatirkan akan jatuh sakit.

“Jadi karena itu saya, kita, berharap sekali lagi, karena itu akan berpengaruh terhadap rencana-rencana yang sudah dilakukan pemerintah. Jangan kemudian karena beli rokok dan kemudian menjadi sakit,” ucap Risma.

Adapun penyaluran bantuan langsung tunai itu bakal dimulai serentak pada Januari 2021. Selain PT Pos, penyaluran bantuan langsung tunai itu juga dilakuan oleh Bank Himbara yang telah ditunjuk pemerintah.

(set/det/heq)

Share :

Baca Juga

Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan di ruangan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

Tolak Vaksin di DKI Terancam Tak Dapat Bansos dan Denda Rp5 Juta
Ilustrasi vaksin. Foto/Pixabay

NASIONAL

Kemenkes Klaim Belum Ada Kasus Efek Samping Vaksin Covid
Ilustrasi--Air laut pasang. Foto/NGI

NASIONAL

Air Laut Pasang Manado Bukan Tsunami
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto/Ist

NASIONAL

Menaker Pastikan BLT Pekerja Tahap Empat Cair Pekan Ini
Sejumlah elemen buruh kembali menggelar aksi demo menolak Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja. Foto/Antara/Dhemas Rheviyanto

NASIONAL

Tolak UU Ciptaker, Buruh-Mahasiswa Kepung DPR Lagi
Halte Transjakarta Bundaran HI. Foto/Idntimes

NASIONAL

Pasca Demo, Halte Transjakarta HI Kembali Beroperasi Normal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Membuka acara Musyawarah Nasional Alim Ulama sekaligus Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 2019. Foto/BPMI

NASIONAL

Cabut Perpres Miras, PBNU: Presiden Jokowi Sangat Bijak
Ilustrasi peneliti yang mencermati sampel tes covid-19. Foto/AFP

NASIONAL

Update Corona 5 Februari: Tambah 11.794, Positif 1.134.854