Home / EKONOMI

Senin, 31 Agustus 2020 - 14:19 WIB

BLT UMKM Rp2,4 Juta Sudah Tersalurkan 50 Persen

Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM ) Teten Masduki menyatakan, hingga saat ini bantuan Banpres Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta, sudah tersalurkan sebanyak 50 persen dari target yang sudah ditentukan.

“Per hari ini, sudah 50 persen yang sudah tersalurkan. Tinggal kita bagaimana mempercepat penyaluran dan diharapkan para pelaku UMKM bisa memanfaatkan bantuan ini,” ujarnya dalam acara Karya Kreatif Indonesia yang disiarkan secara virtual, Minggu (30/8).

Dia bilang, untuk tahap pertama program ini akan menyasar 9,1 juta pelaku usaha mikro dan proses pencairannya akan selesai pada bulan September. Sementara untuk target secara keseluruhan, kata dia, akan diberikan ke 12 juta pelaku usaha mikro.

“Program Banpres Produktif ini sudah diluncurkan oleh pak Presiden kemarin dan ini adalah dana hibah, bukan pinjaman. Per pengusaha mikro akan diberikan dana sebesar Rp 2,4 juta dan ada 12 juta pelaku usaha mikro yang kita targetkan untuk menerima bantuan ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Teten menyebutkan bantuan BLT ini diberikan sebagai modal usaha untuk membantu para UMKM yang terkena pandemi. Namun, bantuan ini tidak diberikan ke sembarang pengusaha mikro alias mereka yang benar-benar belum mendapatkan bantuan sama sekali dari pihak perbankan (unbankable).

Mengenai cara untuk mendapatkan bantuan ini, dijelaskan dia, pelaku usaha mikro bisa mendaftarkan dirinya atau mengajukan dirinya ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) Kabupaten/Kota Lalu pihak Kadiskop akan melihat data-datanya dan menentukan layak atau tidaknya calon penerima bantuan tersebut mendapatkan dana sebesar Rp2,4 juta.

Apabila dinyatakan layak dan memenuhi persyaratan, maka pengusaha mikro akan mendapatkan langsung biaya tersebut yang dikirimkan langsung ke rekening masing-masing.

“Kita berharap dengan bantuan ini para UMKM bisa bersama-sama kembali berusaha karena kemarin modal mereka digunakan untuk keperluan konsumsi keluarga,” ungkapnya. (kom/com)

Sumber: Kompas

Share :

Baca Juga

Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Program BLT UMKM Bakal Lanjut pada 2021
Otoritas Jasa Keuangan. Foto/Bisnis

EKONOMI

OJK Bakal Mudahkan UMKM Cari Pembiayaan di Luar Modal
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto/Ist

EKONOMI

Kemnaker Percepat Pengecekan Data Calon Penerima Subsidi Upah
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Foto/Detikcom

EKONOMI

Penyaluran KUR dari Bank BUMN Capai Rp188 T pada 2020
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/MI

EKONOMI

Warga DKI Harus Gunakan Dana BST untuk Kebutuhan Pokok
Aparatur sipil negara (ASN) Biro Umum Pemprov DKI Jakarta beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Balai Kota, Jakarta, kemarin. Foto/MI

EKONOMI

Gaji PNS Belum Bakal Naik Dalam Waktu Dekat
Ilustrasi pertambangan. Ist

EKONOMI

Tren Positif Harga Komoditas Pertambangan
Seorang peserta sedang mengajukan penurunan kelas JKN di kantor BPJS Kesehatan. Foto/Antara/Fauzan

EKONOMI

Iuran BPJS Kesehatan 2021 Dipastikan Tak Naik