Home / NASIONAL

Rabu, 24 Februari 2021 - 08:35 WIB

BMKG: Cuaca Ekstrem di Jabodetabek 24-27 Februari

Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto/MI

Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya Pusat Tekanan Rendah (Low Pressure Area-LPA) atau dikenal sebagai potensi bibit siklon di sekitar selatan Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak dua hari terakhir.

Jika bibit siklon tersebut menjadi siklon tropis maka diprediksi akan menyebabkan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Selain itu, siklon tropis juga dapat menimbulkan potensi angin kencang di wilayah perairan dan potensi gelombang tinggi di wilayah laut bagian selatan Jawa hingga Nusa Tenggara.

BMKG memprediksi potensi hujan lebat dan cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Jawa mulai 23 Februari 2021. Sedangkan untuk wilayah Jabodetabek, potensi cuaca ekstrem berdampak signifikan diprediksikan dapat terjadi mulai 24-27 Februari 2021.

“Kejadian hujan di wilayah Jabodetabek pada periode tersebut perlu diwaspadai terutama pada malam/dini hari menjelang pagi dengan potensi distribusi hujan dapat terjadi secara merata,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2).

Untuk mengantisipasi itu, Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sudah mulai dilakukan sejak Minggu (21/2). Kegiatan posko TMC dilakukan secara terpusat di Bandara Halim Perdanakusuma.

Selain itu, BMKG juga memperkirakan potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan hingga 1 Maret. Gelombang setinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di Selat Malaka, Laut Natuna Utara, Selat Karimata, perairan utara Jawa Barat, Laut Bali, Laut Sumbawa, hingga Selat Sumba

Kemudian gelombang dengan ketinggian 2,5-4,0 meter berpeluang terjadi di Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Aceh hingga Bengkulu, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali- Selat Lombok-Selat Alas bagian selatan, hingga perairan utara Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Sedangkan gelombang dengan ketinggian 4-6 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Lampung, Samudra Hindia selatan Jawa hingga Bali.

Sebelumnya, BMKG memprediksi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bakal diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada 23-24 Februari 2021.

(bad/mkg)

Share :

Baca Juga

Antrian calon penumpang untuk pemeriksaan dokumen di Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (15/5/2020). Foto/MI

NASIONAL

Tutup Pintu WNA, WNI Tetap Boleh Masuk
Ilustrasi uang Rpiah. Foto/Ist

EKONOMI

Subsidi Gaji Honorer Cair Akhir Oktober 2020

NASIONAL

Kelancaran Pasokan Pangan Harus Terjamin
Ilustrasi kota DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional. Foto/Ist

NASIONAL

DKI Terima Realisasi Penerimaan Pajak Sebesar Rp21,05 T
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) menyaksikan Satuan Penanggulangan Teroris (Satgultor) TNI di Jakarta, hari ini. Foto/MI

NASIONAL

Panglima TNI Sebut Media Sosial Jadi Propaganda
Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Foto/Antara/Puspa Perwitasari

NASIONAL

Juliari Disebut Siapkan Rp3 Miliar untuk Fee Hotma
Penerima bansos. Foto/Antara

EKONOMI

Penyaluran Program PEN Terbesar dari Klaster Perlindungan Sosial
Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Bobby Nasution (kanan). Foto/Ist

NASIONAL

Gibran dan Bobby Dilantik Jadi Wali Kota Hari Ini