Home / NUSANTARA

Senin, 1 Februari 2021 - 16:38 WIB

BMKG Imbau Nelayan Tak Melaut Dulu, Waspada Waterspout

Ilustrasi waterspout. Foto/Istimewa

Ilustrasi waterspout. Foto/Istimewa

AMBON, BERITANUSA.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan nelayan untuk mewaspadai fenomena awan yang menimbulkan waterspout. Terbaru, fenomena itu muncul di perairan Desa Sepa, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah pada Minggu (31/1) sore.

“Waktu kejadian pun sangat singkat 5-10 menit sudah menghilang,” ucap Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Kelas II BMKG Pattimura Ambon, Rion Suaib Salman lewat pesan singkat, Senin (1/2).

Ia menerangkan fenomena waterspout tersebut jarang terjadi di wilayah Maluku. Jika itu terjadi, pasti di tengah laut. Rion mengatakan fenomena tersebut dinamai waterspout karena terjadi di perairan, kalau terjadi di darat disebut puting beliung.

Fenomena waterspout itu, katanya, terjadi karena awan cumulonimbus. Hal ini, sambungnya, sangat berkaitan dengan kondisi atmosfer pada daerah itu yang cukup labil.

Menurutnya, fenomena tersebut juga berdampak cukup signifikan bila warga tengah berada sangat dekat atau posisinya berada di pusatnya.

Oleh karena itu, dia meminta warga tetap waspada sebab kemunculan waterspout itu sangat berbahaya bagi nelayan yang mencari ikan.

“Awan ini menimbulkan angin cukup kencang, bisa obrak-abrik perahu nelayan. Awan ini juga berbahaya bagi penerbangan,”ujar Rion.

Atas dasar itu, pihaknya mengimbau nelayan setempat untuk memikirkan kondisi cuaca sebelum melakukan aktifitas dan lebih baik menahan diri untuk tidak melaut sampai menunggu kondisi laut kembali normal. Sebab, awan ini akan menimbulkan angin kencang, kilat/petir, dan hujan deras.

(cnn/nus)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi duka cita. Foto/Shutter Stock

NUSANTARA

Bupati OKU Sumsel Wafat karena Covid Usai Sepekan Dilantik
Bupati Pangkep Resmikan Pengoperasian SPBU Kepulauan Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan, H. Syamsuddin A Hamid melakukan kunjungan kerja selama sepekan di wilayah kepulauan, Kabupaten Pangkep. Foto/Beritanusa

NUSANTARA

Bupati Pangkep Resmikan Pengoperasian SPBU Kepulauan
JakWIFI. Foto/Ist

NUSANTARA

Program JakWIFI Harusnya Ditiru Pemerintah Daerah Lain
Pemkot Bandung. Foto/Ist

NUSANTARA

Pemkot Bandung Percantik Kawasan Mata Air Tjibadak dan Gedong Cai
Ilustrasi pilkada 2020. Foto: Istimewa

NUSANTARA

Pilkada 2020: Situasi Usai Pemilihan di Papua Barat Kondusif
Ilustrasi bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat. (Foto: Ist)

NUSANTARA

TNI-Polri Kawal Distribusi Bansos
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. Foto/MI

NASIONAL

Pemprov Jabar Ajukan Tiga Calon Kabupaten Baru
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Program Vaksinasi Drive-Thru Diluncurkan di Bali