Home / NASIONAL

Kamis, 18 Februari 2021 - 07:28 WIB

BMKG Peringatkan 6 Provinsi Siaga Banjir 18-19 Februari

Ilustrasi/Antara

Ilustrasi/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Peringatan dini terkait bahaya banjir kembali dikeluarkan oleh Badan Metorologi, Krimatologi, dan Geofisika (BMKG). Setidaknya ada enam provinsi di Pulau Jawa dinyatakan berstatus siaga banjir.

Seperti dilansir dari laman resmi BMKG, peringatan siaga banjir itu berlaku untuk Kamis (18/2) sampai dengan Jumat (19/2). Enam provinsi tersebut antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

“Berlakunya (peringatan siaga banjir) ini mulai dari 18 Februari 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 19 Februari 2021 pukul 07.00 WIB,” tulis BMKG melalui keterangan resminya.

Berdasarkan data BMKG di situs resminya, terdapat beberapa daerah yang memiliki potensi hujan lebat dengan kategori 6. Mulai dari DKI Jakarta dengan lima wilayah yang terdiri dari Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Dari wilayah tersebut, ada 60 kecamatan berpotensi akan dampak hujan lebat. Sedangkan untuk wilayah Banten yang memiliki potensi dampak hujan lebat adalah Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Sementara untuk Jawa Barat antara lain Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi adalah wilayah yang berpotensi hujan lebat. Beralih ke Jawa Tengah, wilayah yang berpotensi hujan lebat dan banjir mencapai 14 kota mulai dari Demak hingga Tegal.

Kemudian untuk DI Yogyakarta mencakup lima kota yang berpotensi banjir. Terakhir, di provinsi Jawa Timur ada 4 kota yang berpotensi hujan lebat serta banjir.

(bad/mkg)

Share :

Baca Juga

Ibadah umrah dan haji. Foto/Saudi Express

NASIONAL

Jemaah Umrah Indonesia Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan
Ilustrasi pasien Covid-19 di Wuhan , China. Foto/Ist

NASIONAL

Covid Terus Melonjak, RS di Indonesia Terancam Kolaps
Pimpinan FPI Rizieq Shihab (tengah). Foto/AFP

NASIONAL

Pemerintah: FPI Organisasi Terlarang
Komisaris Jenderal Agus Andrianto bakal dilantik sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) yang baru di Rupatama Mabes Polri pada hari ini, Rabu (24/2). Foto/Istimewa

NASIONAL

Polisi Virtual Bisa Disanggah, Bukan Berdebat
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Minta Peta Jalan Optimalisasi Pemanfaatan Batu Bara Dipercepat
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto/Antara

NASIONAL

Wagub DKI Bakal Jatuhkan Denda Rp100 Juta Bila Rizieq Melanggar Lagi
Gedung Kejaksaan Agung kebakaran. Foto/Ist

NASIONAL

Tiga Tersangka Baru Kebakaran Kejagung Tak Ditahan
Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali. Foto/Pemprov DKI Jakarta

NASIONAL

Wali Kota Jaksel Marullah Matali Terpilih Jadi Sekda DKI