Home / NASIONAL

Jumat, 5 Maret 2021 - 19:48 WIB

BMKG: Potensi Gempa dan Tsunami 18 Meter di Banyuwangi

Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kepala Bidang Gempang Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkap potensi gempa bumi magnitudo 8,7 dan mengakibatkan tsunami setinggi 18 meter di Banyuwangi, Jawa Timur.

“Menghitung potensi rekahan yang mungkin terjadi di selatan Jatim itu magnitudo gempa 8,7 dengan tinggi gelombang 18 meter,” kata Daryono dalam keterangannya, Jumat (5/3).

Daryono menjelaskan tingginya aktivitas kegempaan di Jawa Timur karena wilayah selatan Jawa merupakan titik zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Menurutnya, pertemuan lempeng itu merupakan generator gempa kuat sehingga wilayah selatan Jawa menjadi kawasan rawan gempa dan tsunami.

Daryono juga menegaskan gempa magnitudo besar disertai dengan gelombang tinggi sebelumnya pernah mengguncang Jatim, seperti pada 1994. Saat itu terjadi gempa magnitudo 7,8 dan gelombang tinggi 13,9 meter.

“Ini menunjukkan bahwa informasi potensi bahaya gempa yang disampaikan para ahli adalah benar. Besarnya magnitudo gempa yang disampaikan para pakar adalah potensi bukan prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada satupun orang yang tahu,” ujarnya.

Ia juga meminta pemerintah daerah bersama masyarakat setempat untuk melakukan upaya mitigasi bencana dengan mendirikan bangunan aman gempa, melakukan penataan tata ruang pantai yang aman dari tsunami, serta membangun kesadaran masyarakat tanggap bencana.

“Semua informasi terkait potensi gempa dan tsunami harus direspons dengan langkah nyata. Tujuannya, meminimalkan dampak sehingga masyarakat dapat hidup dengan selamat, aman dan nyaman meskipun di daerah rawan bencana,” kata Daryono.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran. Foto/PUPR

NASIONAL

Konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Capai 86,46 Persen
Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan di ruangan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

Wagub DKI Pastikan Tak Kekurangan Tempat Perawatan Covid
Kepadatan kendaraan roda empat dari arah Bogor menuju Jakarta di Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur , Senin (1/5). Foto/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

NASIONAL

198 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Saat Libur Tahun Baru
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7). Foto/Antara/Akbar Nugroho Gumay

NASIONAL

Zona Merah Covid di Indonesia Makin Melonjak
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Dalami Tahapan Pengadaan Bansos Covid-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi: Duka Cita Atas Kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Ist

NASIONAL

Kemenhub Siap Maksimalkan Jaringan Transportasi di Kalteng
Menteri Kelautan dan Perikanan,Edhy Prabowo, tiba di Istana Merdeka untuk menghadiri Sidang Kabinet Paripurna pertama, Kamis (24/10). Foto/MI

NASIONAL

Istri dan Ajudan Menteri Edhy Juga Ditangkap KPK di Soetta