Home / NASIONAL

Senin, 28 Desember 2020 - 11:20 WIB

BMKG Sebut Potensi Banjir di Awal 2021

Ilustrasi, Sungai Kawsasan Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh. Foto/Antara

Ilustrasi, Sungai Kawsasan Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi banjir di Indonesia akan meningkat di awal tahun 2021, tepatnya di bulan Januari hingga Maret. Hal ini sesuai prediksi ini curah hujan yang berkisar antara 200-500 milimiter per bulan.

“(Curah hujan) cenderung lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 lalu,” ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam keterangannya yang dikutip Senin (28/12).

Menurut Dwikorita, tingginya curah hujan ini akan mengakibatkan banjir khususnya di daerah Jawa Barat, Aceh, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Selain itu, berdasarkan hasil pemantauan perkembangan musim hujan hingga menjelang akhir Desember 2020 menunjukkan bahwa sebanyak 85 persen zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

“Musim hujan tahun 2020/2021 diwarnai oleh latar belakang fenomena iklim global La Nina yang terjadi sejak awal Oktober 2020 dan diprediksi hingga Mei 2021 dengan intensitas La Nina Moderat menjadi La Nina Lemah pada Maret 2021,” tuturnya.

Dari analisis dinamika atmosfer dan prakiraan curah hujan bulanan, lanjut dia, kondisi musim hujan hingga Maret 2021 diprediksi akan bersifat normal sampai atas normal atau cenderung lebih basah dari biasanya dibandingkan dengan musim hujan tahun lalu.

Adapun ketinggian gelombang laut juga berpeluang terjadi setinggi 2,5-4 meter pada 24-27 Desember 2020 di Perairan barat Kepulauan Mentawai – Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumbawa.

(bmk/geo)

Share :

Baca Juga

Pekerja menyelesaikan pembuatan tegel motif atau keramik lantai bermotif di Keniten, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Utilisasi Industri Keramik Melonjak 56 Persen
Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan di ruangan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

Pemprov DKI Janji Bansos Tunai Tepat Waktu
Ilustrasi BNN. Foto/Istimewa

NASIONAL

BNN Sita 53 Kg Sabu dari Dua Jaringan Internasional
Polisi menghadirkan artis Lucinta Luna (tengah) pada rilis kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2). Foto/Antara

NASIONAL

Lucinta Luna Bebas Tapi Masih Dalam Pengawasan Bapas

NASIONAL

Ini Cara UMKM yang Belum Dapat BLT Rp2,4 Juta
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/8). Foto: BPMI Setpres/Lukas

NASIONAL

Presiden Jokowi Optimistis Vaksin Covid-19 Segera Ditemukan
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Siap-siap, Kartu Prakerja Gelombang 6 Segera Dibuka
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Istimewa

NASIONAL

Menag: Saat Iduladha, Taati Protokol Kesehatan