Home / NASIONAL

Senin, 1 Februari 2021 - 11:01 WIB

BMKG: Waspada Potensi Multi Bencana, Tapi Tak Panik

Ilustrasi/Antara

Ilustrasi/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan adanya potensi multi bencana dari mulai potensi bencana hidrometeorologi, potensi gempa hingga potensi tsunami. Fakta ini disampaikan agar masyarakat mewaspadai dan tidak panik.

“Kita perlu terus mewaspadai potensi multi bencana. Tidak hanya hidgrometeorologi, ada potensi gempa bumi dan potensi tsunami. Kami mengimbau agar kita tetap mewaspadai, namun tidak panik,” jelas Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Minggu (31/1).

Dwikorita meminta agar masyarakat memonitor perkembangan terbaru terkait informasi peringatan dini bencana, misalnya prakiraan cuaca ekstrim dan lokasinya. Hal itu agar masyarakat bisa mempersiapkan diri terkait potensi bencana tersebut.

“Gunanya agar kita bisa menyesuaikan diri, mengatur kegiatan kita atau menghindari tempat-tempat yang sudah terprediksi, karena setiap peringatan dini itu manfaatnya agar kita bisa mengatur rencana dan kegiatan. Cara untuk tidak panik seperti itu,” tuturnya.

Ia mencontohkan peringatan dini BMKG terkait potensi gempa dan tsunami dapat dimanfaatkan masyarakat agar bisa mengantisipasi mencari tempat lebih tinggi. Bagi warga yang tinggal di lokasi rawan bangunan runtuh juga perlu berhati-hati pada saat terjadi gempa.

“Misalnya ada hotel di tepi pantai rawan tsunami kita harus waspada ada tsunami ada peringatan dini kita harus segera memonitor agar segera naik ke lantai yang lebih tinggi,” terangnya.

BMKG juga meminta masyarakat beradaptasi dan mitigasi terkait peringatan dini yang diberikan. Misalnya menyesuaikan kondisi iklim terutama dalam kepentingan mengirimkan logistik, melakukan penangkapan ikan, cocok tanam, kegiatan pembangunan infrastruktur.

(bad/mkg)

Share :

Baca Juga

Sejumlah kendaraan berhenti saat lampu merah di dekat kawasan aturan ganjil-genap, Jalan Medan Merdeka Selatan. Foto/ANTARA/Sigid Kurniawan

NASIONAL

PSBB Transisi DKI Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku
Ilustrasi daftar Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Cara Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 12
Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Liputan6

NASIONAL

Polda Jabar Tetap Akan Periksa Rizieq Soal Megamendung
Ilustrasi vaksin. Foto/Pixabay

NASIONAL

Kemenkes Klaim Belum Ada Kasus Efek Samping Vaksin Covid
Ilustrasi pilkada 2020. Foto: Istimewa

NASIONAL

Kasus Covid-19 Tembus Setengah Juta, Pilkada Tetap Lanjut
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto/Antara

NASIONAL

Alokasi Dana BOS 2021 Capai Rp52,5 Triliun
Ilustrasi tes Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 27 Agustus: 162.884 Positif, 118.575 Sembuh
Menteri Kelautan dan Perikanan,Edhy Prabowo, tiba di Istana Merdeka untuk menghadiri Sidang Kabinet Paripurna pertama, Kamis (24/10). Foto/MI

NASIONAL

Istri dan Ajudan Menteri Edhy Juga Ditangkap KPK di Soetta