Home / NUSANTARA

Senin, 8 Maret 2021 - 17:39 WIB

BPBD Sebut 95 Persen Karhutla di Aceh Barat Sudah Padam

Asap membumbung tinggi di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) antara perbatasan Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Nagan Raya, di Aceh. Foto/Antara

Asap membumbung tinggi di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) antara perbatasan Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Nagan Raya, di Aceh. Foto/Antara

BANDA ACEH, BERITANUSA.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh memastikan musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seluas 5,5 hektare di Kecamatan Meureubo dan Arongan Lambalek sudah padam mencapai 95 persen.

“Dari total luas lahan yang terbakar mencapai 5,5 hektare, sekitar 95 persen sudah berhasil dipadamkan,” kata Petugas Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat Asrajuddin dikutip dari Antara, Senin (8/3).

Dua lokasi yang selama ini terbakar tersebut masing-masing berlokasi di Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo, dan Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, padamkan kebakaran hutan dan lahan di Aceh Barat setelah tim gabungan terdiri dari petugas BPBD Aceh Barat, TNI, Polri, Tim KPH Wilayah IV Aceh, tim damkar PT Mifa Bersaudara, TNI AL, dan masyarakat bersama-sama membantu memadamkan api.

Upaya pemadaman tersebut, kata Asrajuddin, dilakukan menggunakan armada pemadam kebakaran, serta turut mengerahkan sejumlah mesin pompa air guna memadamkan api di kedua lokasi tersebut.

Meski sudah berhasil melakukan pemadaman api di lokasi kebakaran, petugas masih tetap melakukan pemantauan di sekitar lokasi kejadian. Hal ini guna memastikan agar lokasi yang sebelumnya terbakar, benar-benar sudah padam dan tidak ada lagi titik api di kedua lokasi tersebut.

(ant/cnn/nus)

Share :

Baca Juga

Kogartap II dan III menggelar bakti sosial (baksos). Foto/TNI

NUSANTARA

Sambut HUT ke-75 TNI, Kogartap II dan III Gelar Baksos
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Sistem Satu Arah di jalan Oto Iskandardinata (Otista), Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5). Foto/Antara

NUSANTARA

Kota Bogor Terapkan Ganjil-Genap di Akhir Pekan
Warga Desa Sumurgeneng, Tuban membeli belasan mobil. Foto/Tangkapan layar

NUSANTARA

Desa di Tuban Mendadak Jadi Kampung Miliarder

NUSANTARA

Pulau Maitara siap jadi Pulau Bebas Pornografi Anak
Polda dan Bea Cukai di Kalimantan Timur. Ist

NUSANTARA

Polda-Bea Cukai Koordinasi Turunkan Transaksi Kejahatan di Kaltim
Polsek Panakukang. Ist

NUSANTARA

Pengamanan Pilkada 2020 Serentak di Tengah Pandemi
Altar 89 gelar baksos. Foto/Pol

NUSANTARA

Alumni AKABRI 89 Bagikan 2.500 Paket Sembako dan 35.000 Masker
Ilustrasi pilkada 2020. Foto: Istimewa

NASIONAL

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Tetap Tepat Waktu