Home / NASIONAL

Selasa, 16 Februari 2021 - 22:31 WIB

BPOM Beri Izin Darurat Vaksin Corona Buatan Bio Farma

Ilustrasi peneliti yang mencermati sampel tes covid-19. Foto/AFP

Ilustrasi peneliti yang mencermati sampel tes covid-19. Foto/AFP

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma.

“Vaksin Covid-19 yang diproduksi PT Bio Farma pada hari ini 16 januari 2021 bisa disetujui dan mendapat EUA dari BPOM Indonesia,” kata Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito, dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/2).

Vaksin produksi PT Bio Farma tersebut berasal dari Sinovac, China, yang didatangkan dalam bentuk bulk atau bahan baku. Diketahui, 11 juta bahan baku vaksin Covid-19 asal Sinovac tiba di Indonesia pada 2 Februari lalu.

Penny mengatakan, vaksin yang diproduksi PT Bio Farma diberi nama Vaksin Covid-19 dengan nomor EUA 2102907543A1. BPOM juga telah memastikan mutu, keamanan, dan khasiat vaksin Covid-19 yang diproduksi di dalam negeri sama dengan produksi asal Sinovac di China.

“Juga dilakukan evaluasi terhadap data hasil uji stabilitas, dokumen produksi, dan validasi metode analisis, spesifikasi produk dan kemasan yang digunakan sudah dilakukan proses evaluasi dan validitas, hasilnya kita berikan EUA,” ucap Penny.

Penny juga menjelaskan ada sedikit perbedaan dalam pengemasan vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma dan produksi Sinovac. Meski demikian, Penny menegaskan kandungan di dalamnya sama.

Vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma dikemas dalam bentuk vial 5 ml berisi 10 dosis vaksin. Pengemasan oleh PT Bio Farma juga dianggap lebih praktis karena disajikan langsung dalam dual dose (dua dosis) vaksin.

“Vaksin ini memiliki bentuk sediaan vial 5 ml berisi 10 dosis vaksin per vial. Stabil disimpan pada suhu 2-8 derajat celcius. Pengemasan oleh Bio Farma tentunya lebih efektif,” kata Penny.

Program vaksinasi Covid-19 tahap dua akan dimulai pada Rabu (17/2). Sasaran vaksinasi tahap dua ini adalah 16,9 juta petugas publik, dan 21,5 juta lansia. Vaksinasi tahap dua akan difokuskan di Pulau Jawa-Bali terlebih dahulu.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya. Foto : DPR RI/Jaka

NASIONAL

DPR Terima Berkas Notulensi Pembahasan RUU Cipta Kerja
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto/Ist

NASIONAL

Terkait Proyek Jet Tempur Korsel, Prabowo Negosiasi Ulang
Ilustrasi - Seorang relawan mencoba pelindung wajah (Face Shield) disela-sela pembuatan alat tersebut, di Jakarta, Senin (6/4). Foto/ANTARA

NASIONAL

Jumlah Relawan Bakal Bertambah Alasan Insentif Nakes Dipangkas
Vaksin virus Corona. Foto/Ist

NASIONAL

5 Negara Terlibat Proses Uji Klinis Tahap Ketiga Vaksin Covid
Siswa SMK Berkompetisi dalam Lomba Kompetensi Siswa di Jogja Expo Center, Selasa (9/7). Foto/MI

NASIONAL

Siswa Lulusan SMK Berpeluang Dapat Gelar D1 dan D2
Ilustrasi kerumunan--Panggung utama untuk perayaan Tahun Baru 2020 di Bundaran HI Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Sanksi Kerumunan Lebih dari 5 Orang Selama Libur Akhir Tahun
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: BPMI Sekretariat Presiden/Lukas

NASIONAL

Anggaran Rp356,5 Triliun untuk Kelanjutan Pemulihan Ekonomi Nasional
Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa

NASIONAL

Jokowi Terbitkan PP Kebiri Bagi Pelaku Kekerasan Seksual Anak