Home / EKONOMI / NASIONAL

Rabu, 22 Juli 2020 - 11:04 WIB

Bulan Depan, Gaji ke-13 PNS Cair

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penantian gaji ke-13 akhirnya terlaksana, setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan akan mencairkan gaji ke-13.

Adapun PNS yang akan mendapatkan gaji ke-13 hanya level eselon III ke bawah dan pensiunan. Pemerintah sendiri telah menyiapkan alokasi anggaran untuk pencairan gaji ke -13 sebesar Rp28,5 triliun

Lantas, berapa besaran gaji ke 13 yang bisa diterima PNS?

Komponen gaji ke-13 yang diterima para abdi negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 15/2019 tentang gaji PNS, gaji yang diterima PNS dikategorikan dengan beberapa golongan. Dari yang masa kerja terendah, hingga masa kerja tertinggi.

Untuk PNS golongan I masa kerja 0 tahun, menerima gaji Rp 1,56 juta per bulan. Sementara PNS golongan IV masa kerja 32 tahun, menerima gaji hingga Rp5,9 juta.

Namun simulasi gaji ke-13 yang diterima PNS tersebut belum ditambah dengan komponen-komponen di dalamnya seperti tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan termasuk dengan tunjangan kinerja.

Artinya, gaji ke-13 yang diterima PNS dengan menggabungkan gaji pokok dan tunjangan kinerja untuk jabatan terendah mencapai Rp 6,92 juta. Sementara untuk jabatan tertinggi, bisa mencapai Rp 123,2 juta.

Besaran gaji ke-13 yang diterima PNS di atas belum mencakup tunjangan-tunjangan lainnya yang dimasukkan dalam komponen gaji ke-13 seperti tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau umum.

Namun, perlu dicatat bahwa tunjangan kinerja yang diterima PNS pajak memiliki dasar penghitungan baru yakni memperhatikan Nilai Kinerja Pegawai (NKP), prestasi kerja, dan kontribusi pegawai.

Artinya, tidak semua PNS pajak mendapatkan tunjangan kinerja yang sama. Karena basis penghitungan yang digunakan untuk pemberian tunjangan kinerja berdasarkan kinerja masing-masing PNS.

Sebagai catatan, simulasi yang dilakukan hanya mengacu pada satu instansi. Setiap kementerian lembaga memiliki dasar sendiri dalam menentukan tunjangan kinerja bagi para pegawainya.

Sumber: CNBC

Share :

Baca Juga

Ombudsman. Foto/MI

NASIONAL

Daftar 9 Anggota Ombudsman Periode 2021-2026
Artis Gisella Anastasia atau Gisel. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi: Gisel yang Rekam Video dan Kirim ke MYD Via AirDrop
Kawasan Puncak Bogor. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Jalur Puncak Bakal Ditutup Saat Malam Tahun Baru
Ilustrasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Kemendikbud Ajukan Rp2,6 T untuk Kuota PJJ 2021
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sebanyak 1.200 orang disuntik per hari dalam vaksinasi massal, di Masjid Istiqlal, DKI Jakarta. Foto/Setneg

NASIONAL

Warga Diminta Tak Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Medsos
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto/Antara

NASIONAL

Soal Kerumunan, Wagub DKI Siap Penuhi Panggilan Polisi Senin
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Antara

EKONOMI

Daftar Direksi Baru PT KAI
Penyerapan gabah/beras petani dilakukan langsung Perum Bulog, di Pandeglang, Banten, Selasa (28/7) dipimpin oleh Dirut Perum Bulog Budi Waseso bersama sejumlah direksi dan didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita, Kapolres AKBP Sofwan Hermanto dan Dandim Letkol Inf. Denny Juwon Pranata.

NASIONAL

Bulog Lakukan Penyerapan Beras Petani