Home / Uncategorized

Kamis, 21 Januari 2021 - 09:43 WIB

Bule yang Ajak WNA Pindah ke Bali Akhirnya Dideportasi

Ilustrasi--WNA mengantre perpanjangan visa dan permohonan izin tinggal di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Badung, Bali. Foto/Antara

Ilustrasi--WNA mengantre perpanjangan visa dan permohonan izin tinggal di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Badung, Bali. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali akan mendeportasi warga negara Amerika, Kristen Antoinette Gray. Dia menjadi sorotan setelah membuat cuitan yang mengajak orang asing pindah ke Bali pada masa pandemi Covid-19.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk akan dideportasi. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian.

“WNA atas nama Kristen Antoinette Gray dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian sebagaimana tersebut pada Pasal 75 ayat 1 dan ayat 2 huruf f UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,” ungkap Jamaruli dalam keterangannya, Selasa (19/1).

Berkaitan dengan proses pendeportasian, kata Jamaruli, Kristen Gray untuk sementara waktu ditempatkan di ruang detensi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar.

Adapun keputusan mendeportasi Kristen dilakukan setelah Kanwil Kemenkumham Bali mengecek data masuknya ke Indonesia. Setelahnya, memanggil warga AS tersebut ke kantor imigrasi melalui sponsor untuk pemeriksaan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar menduga Kristen telah menyebarkan informasi yang dianggap meresahkan masyarakat. Informasi itu berupa ajakan dan kemudahan akses masuk ke wilayah Indonesia saat pandemi.

Selain itu, Kristen juga diduga melakukan kegiatan bisnis melalui penjualan e-book dan pemasangan tarif konsultasi wisata Bali. Dengan tindakannnya ini, dia akan dikenakan sanksi sesuai Pasal 122 huruf a UU Keimigrasian.

Untuk diketahui, akun Twitter @kristentootie sempat viral dan menjadi trending topic pada 17 dan 18 Januari 2021. Akun milik Kristen Gray ini menyampaikan bisa memberikan kemudahan masuk ke Bali, bahkan juga ditawarkan biaya hidup yang murah, nyaman dan ramah bagi LGBTQ+.

Tak hanya di Twitter, pernyataan tersebut juga dimuat dalam e-book seharga USD30 dan dilanjutkan dengan konsultasi seharga USD50 selama 45 menit.

(pmj/heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi daun pandan. Foto/Istimewa

Uncategorized

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7). Foto/Antara/Akbar Nugroho Gumay

Uncategorized

Satgas Targetkan RI Bebas Covid-19 17 Agustus

Uncategorized

testposting
Presiden Joko Widodo saat meresmikan sekaligus meninjau Bendungan Tukul, pada Minggu, 14 Februari 2021, di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Foto/BPMI Setpres

Uncategorized

Jokowi Resmikan Bendungan Tukul Rp916 Miliar di Pacitan
Ilustrasi masker. Foto/Istiemwa

Uncategorized

Waspada, Tali Masker Bisa Tularkan Covid-19
Ilustrasi Covid-19. Foto/Ist

Uncategorized

Update Kasus Corona 9 September: 203.342 Positif, 145.200 Sembuh
Anggota Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan. Foto/DPR RI

NASIONAL

Komisi III DPR RI Apresiasi Langkah Tegas Kapolri
ILustrasi diet. Foto/Istimewa

Uncategorized

Diet yang Tepat untuk Orang dengan Obesitas