Home / NASIONAL

Jumat, 22 Januari 2021 - 18:34 WIB

Buron 6 Tahun Kasus Korupsi di Kemenkes Ditangkap

Gedung Kementerian Kesehatan. Foto/Ist

Gedung Kementerian Kesehatan. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menangkap buron terpidana kasus proyek fiktif di Kementerian Kesehatan, Nurdiana. Dia merupakan mantan Kepala Sub Bidang Perencanaan SDM Kesehatan (PPSDM) di Kemenkes.

Penangkapan dilakukan pada Kamis (21/1) sekitar pukul 22.00 WIB di Komplek Departemen Kesehatan, Jatiwarna, Pondok Melati, Bekasi.

“Telah dilakukan penangkapan terhadap terpidana Nurdiana yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Kejari Jakarta Selatan,” kata Kasi Penkum Kejati DKI Jakarta, Ashari Syam melalui keterangannya, Jumat (22/1).

“Kasus kegiatan pengadaan fiktif, ada LPJ tapi tidak ada kegiatannya,” tambah dia.

Dalam perkara ini, Nurdiana telah divonis oleh hakim Mahkamah Agung pada 2015. Dia dinyatakan bersalah dan merugikan negara hingga Rp245,6 juta akibat perbuatannya itu. Dia divonis melakukan korupsi pengadaan barang dan jasa tahun anggaran 2010.

Nurdiana dijatuhi hukuman pidana penjara selama empat tahun dan denda sebesar Rp200 juta dengan ketentuan apabila denda tak dibayarkan, maka dikenakan pidana kurungan selama enam bulan.

Selain itu, MA juga menjatuhkan pidana tambahan yakni dengan membayar uang pengganti sebesar Rp200 juta dikompensasi dengan uang yang telah dikembalikan sebesar Rp100 juta dalam waktu satu bulan setelah putusan memperoleh kekuatan hukum tetap atau inkrah.

Ashari menuturkan bahwa penangkapan terpidana disaksikan langsung oleh kepala daerah setempat dan tetangganya. Buronan itu, kata dia, tak memberikan perlawanan saat ditangkap.

“Pada pukul 22.21 WIB, terpidana dibawa ke kantor Kejari Jaksel untuk proses eksekusi,” ucap dia.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Polisi tengah mengatur rekayasa lalu lintas. Foto/Idntimes

NASIONAL

Pengalihan Lalu Lintas Sekitar Istana Jelang Demo Hari Ini
Ilustrasi--Kolesterol jahat. Foto/Istimewa

NASIONAL

5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima suntik vaksin Covid-19 di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, 17 Februari 2021. Foto/dok Setwapres RI

NASIONAL

Wapres: Suntik Vaksin Saat Ramadhan, Tak Batalkan Puasa
Jajaran Polsek Kembangan memberikan bantuan dengan cara memborong tukang roti untuk dibagikan ke korban banjir di tempat pengungsian. Foto/Istimewa

NASIONAL

Metode Trauma Healing Polisi untuk Hibur Korban Banjir
Transjakarta. ist

NASIONAL

Transjakarta Modifikasi Sejumlah Rute, Berikut Rinciannya
Polisi pasang kawat berduri. Foto/Detik

NASIONAL

8.000 Personel TNI-Polri Dikerahkan Antisipasi Demo Mahasiswa
Letusan Gunung Merapi terlihat dari bungker Kaliadem, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (17/11). Foto/Antara/Rudi

NASIONAL

Status Merapi Siaga, BPNB Minta Tetap Jaga Protokol Kesehatan
Warga mencuci tangan sebelum masuk ke perkampungan yang melakukan karantina wilayah, di Cipulir, Jakarta Selatan. Foto/Antara

NASIONAL

Lapor Warga DKI yang Langgar PSBB Lewat Aplikasi JAKI