Home / NASIONAL / UMKM

Rabu, 12 Agustus 2020 - 10:06 WIB

Cair 17 Agustus, Ini Syarat UMKM Dapat Bantuan Rp2,4 Juta

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Kementerian Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Kementerian Keuangan

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan, pencairan bantuan kepada 12 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sebesar Rp2,4 juta kemungkinan akan dicairkan pada perayaan HUT Republik Indoneisa atau pada 17 Agustus 2020.

Saat ini, kata Sri Mulyani daftar penerima bantuan UMKM masih dalam proses pendataan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Rencananya yang Rp 2,4 juta ini dengan data yang ada yang sekarang sedang di-clean-kan akan diluncurkan pada bulan Agustus ini. Mungkin sesudah, atau pada saat 17 Agustus nanti oleh bapak presiden atau menterinya yang memang ini programnya sudah diumumkan,” kata Sri Mulyani dalam webinar betajuk Gotong-royong #JagaUMKMIndonesia, Selasa (11/8).

Masalah pendaataan, diakui Sri Mulyani menjadi salah satu tantangan pemerintah dalam memberikan stimulus. Pasalnya seringkali kementerian/lembaga tidak selalu memperbaharui datanya.

Sementara, pemerintah ingin berhati-hati dalam menggelontorkan anggaran, agar tidak salah sasaran, sebab nantinya semua anggaran yang digelontorkan pemerintah akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Persoalannya bukan hanya sekedar menyebar uang, tapi juga harus akuntabel, tapi secepat dan setepat mungkin (pencairannya),” tuturnya.

Sri Mulyani menyesalkan data-data masyarakat yang kini sudah memiliki KTP elektronik, tapi datanya sampai saat ini masih belum bisa digunakan pemerintah dalam mendata masyarakat.

“KTP elekteronik jadi sangat urgent dan dengan ada sistem ini harusnya bisa memudahkan pendataan masyarakat, sehingga bisa dikombinasi dengan kehandalan dari sistem data tersebut,” lanjut dia.

Kalau masyarakat mendengar akan ada dana bantuan pasti merasa ‘saya harus dapat’ dan pemerintah akan melakukan beberapa cleansing data tersebut seakurat mungkin karena pada akhirnya dana ini akan di audit seperti di BPK,” jelasnya.

Adapun, target pemerintah terhadap penerima bantuan sebanyak 12 juta pelaku UMKM dari semua jenis usaha. Di mana, pemerintah mulai menyasar 1 juta pelaku UMKM hingga akhirnya mencapai target yakni, 12 juta pelaku UMKM.

Sumber: CNBC Indonesia

Share :

Baca Juga

Presiden RI Jokowi lantik 20 duta besar untuk negara sahabat. Foto: BPMI Setpres/Kris

NASIONAL

Presiden Jokowi Lantik 20 Dubes RI
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

Tersangka Korupsi Bansos Harus Dihukum Seberat-beratnya
Unjuk rasa mahasiswa. Foto/Ist

NASIONAL

Aliansi BEM Seluruh Indonesia Gelar Unjuk Rasa Besar-besaran Besok
Massa FPI berkumpul di markas mereka di Petamburan untuk menyambut kedatangan Rizieq Shihab. Foto/AFP

NASIONAL

Kapolda Metro Beberkan Alasan Tindak Tegas Kerumunan Massa
Ilustrasi sekolah. Foto/Ist

NASIONAL

33 Guru MAN 22 Jakarta Positif Covid Usai dari Yogyakarta
Kepadatan kendaraan roda empat dari arah Bogor menuju Jakarta di Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur , Senin (1/5). Foto/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

NASIONAL

Dipangkas 3 Hari, Total Libur Akhir Tahun Jadi Delapan Hari
Basarnas menemukan 29 korban jiwa yang tertimbun tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat. Foto/Instagram @sar_nasional).

NASIONAL

29 Korban Tanah Longsor di Sumedang Ditemukan
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Suntik Vaksin Corona Besok, Istana Siarkan Live Streaming