Home / NASIONAL

Kamis, 25 Maret 2021 - 12:39 WIB

Cara Bayar Denda Tilang e-TLE

Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ditlantas Polda Metro Jaya meresmikan 30 kamera tilang elektronik (e-TLE mobile/portable). Polisi menyebut e-TLE mobile ini berbeda dengan e-TLE statis yang terpasang di sejumlah ruas jalan DKI Jakarta dan wilayah penyangganya.

“e-TLE statis dan e-TLE mobile berbeda. e-TLE statis memang secara teknologi dia jauh lebih canggih karena sudah langsung automatic number plat recognition atau ANPR system,” terang Dirlantas Polda Metro, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (24/3).

Menurut Sambodo, e-TLE Mobile menangkap pergerakan kendaraan yang hasilnya berupa video atau foto. Selanjutnya, video atau foto itu akan dianalisa oleh petugas back office di Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya setelah diserahkan oleh polisi lalu lintas (polantas).

“Dibuka memori kameranya dilihat videonya. Kemudian dianalisa mana yang kira-kira memenuhi unsur, cukup bukti, jelas pelanggarannya, waktunya jelas, pelat nomornya jelas. Kemudian dicocokkan dengan database kendaraan kita. Match, baru kemudian itu kita kirimkan (surat tilang),” tuturnya menambahkan.

Sementara itu, e-TLE statis, karena secara teknologi lebih canggih maka akan langsung menganalisa pelanggaran lalu lintas. Petugas back office hanya perlu mengkonfirmasi ulang serta mengirimkan surat tilang ke alamat pengendara.

Adapun beragam jenis pelanggaran lalu lintas baik roda dua maupun roda empat seperti tidak pakai helm sampai memainkan handphone bakal terekam. Denda yang didapat berbeda-beda, tergantung pelanggaran yang dilakukan.

Sedangkan, di bawah ini adalah cara pembayaran denda tilang e-TLE:

1. Bagi pelangggar yang terekam CCTV Polisi akan kirim surat konfirmasi ke alamat pemilik kendaraan via pos Indonesia;

2. Surat tersebut menyertakan foto bukti pelanggaran;

3. Jenis pasal yang dilanggar;

4. Tenggang waktu konfirmasi;

5. Link serta kode referensi;

6. Lokasi dan waktu pelanggaran

Apabila telah dapat surat konfirmasi, sang pemilik kendaraan harus klarifikasi. Cara online, bisa dilakukan dengan mengunjungi situs www.ETLE-PMJ.info.

Kemudian, mengikuti petunjuk yang ada. Atau, para pelanggar bisa ke lokasi tilang e-TLE di Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya di Pancoran.

(pmj)

Share :

Baca Juga

Jenderal pahlawan revolusi. Ist

NASIONAL

Mengenang Tujuh Jenderal Korban G30S/PKI
Suasana gerbong Moda Raya Terpadu (MRT) yang sepi saat Hari Raya Idul Fitri di Jakarta, Minggu (24/05/2020). Foto/MI

NASIONAL

Jakarta Kota Pertama di ASEAN Raih Penghargaan Transportasi
Ilustrasi pelecehan seksual. Foto/Istimewa

NASIONAL

Dua Pegawai Jadi Korban Pelecehan Seksual Oleh Bos
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkap masih ada 12 ribu sekolah yang tak memiliki akses internet di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T). Foto/Ist

NASIONAL

Kemendikbud Kirim Kuota Belajar Gratis 11-15 Maret 2021
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Sumatera Utara dalam rangka kunjungan kerja pada Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

NASIONAL

Jokowi Tinjau Food Estate dan Bagi-bagi Sertifikat Tanah di Sumut
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan 'ring road' Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan (21/6/2020). Foto/Antara

NASIONAL

KPK Tertibkan 4 Aset Negara Senilai Rp548,2 T
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan Rumah Sakit Duren Sawit untuk persalinan bagi ibu hamil yang terpapar Covid-19. Foto/Istimewa

NASIONAL

RS Duren Sawit Disiapkan untuk Persalinan Penyintas Covid
Semua kantong telah dilabeli di JICT lalu kemudian dibawa ke RS Polri Kramat jati untuk diidentifikasi. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

56 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Dibawa ke RS Polri