Home / EKONOMI / UMKM

Rabu, 6 Januari 2021 - 15:01 WIB

Cara Cairkan BLT UMKM Rp2,4 Juta

Ilustrasi--Uang Rp100 ribu. Foto/Istimewa

Ilustrasi--Uang Rp100 ribu. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah memperpanjang program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif pada 2021. Tujuannya, untuk membantu usaha mikro agar bertahan di tengah pandemi covid-19.

Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan banpres akan diberikan langsung sebesar Rp2,4 juta kepada pelaku usaha mikro yang sudah memenuhi persyaratan. Lantas, bagaimana caranya mencairkan BLT UMKM ini?

Sebagai salah satu bank penyalur, BRI memberikan fasilitas pengecekan status penerima lewat daring. Caranya, Anda dapat mengunjungi situs web e-form BRI yakni https://eform.bri.co.id/bpum.

Kemudian, masukan atau input nomor KTP beserta kode verifikasi yang tertera. Setelah itu, klik tombol ‘proses inquiry’ yang tersedia.

Jika Anda tercatat sebagai salah satu penerima, akan muncul keterangan bila nomor KTP tersebut terdaftar sebagai penerima ataupun sebaliknya. Selain itu, mengutip situs Kementerian Koperasi dan UKM, penerima bantuan akan menerima pesan singkat (SMS) dari bank penyalur.

Namun, calon penerima wajib melakukan verifikasi ke bank penyalur. Setelah proses verifikasi, dana akan dicairkan ke rekening bank yang didaftarkan.

Lantas, jika Anda belum terdaftar, bagaimana caranya mendaftarkan diri sebagai calon penerima?

Pertama, penerima banpres harus diusulkan oleh pengusul yakni dinas yang membidangi koperasi dan UKM, koperasi badan hukum, kementerian/lembaga serta perbankan atau perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK. Kedua, calon penerima banpres melengkapi data kepada pengusul yakni NIK, nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha dan nomor telepon. Penerima banpres tidak akan dipungut biaya apapun.

“Banpres produktif untuk usaha mikro merupakan dana hibah, bukan pinjaman atau kredit,” tulis Kemenkop UKM dalam situsnya.

Bagi UKM yang belum memiliki rekening di bank penyalur yakni BRI, BNI dan Bank Syariah Mandiri maka akan dibuatkan rekening saat pencairan.

(kop/ukm)

Share :

Baca Juga

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menawarkan produk yang dijual saat pameran produk UMKM di Kuta, Bali, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

EKONOMI

Daftar UMKM BRI 2020 Langsung Dapat Bantuan Rp2,4 Juta
Ilustrasi UMKM jamu. Ist

UMKM

UMKM Jamu Harus Genjot Ekspor di Masa Pandemi
Analis PT Pefindo Martin Pandiangan menilai prospek industri nikel di Indonesia stabil dalam jangka pendek hingga menengah. Foto/AFP

EKONOMI

Industri Nikel RI Diprediksi Cerah Tahun Ini
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat bersama Menteri Sosial Juliari P Batubara mengunjungi perajin Comring (Comro Singkong Kering) merek Raja Rasa di Desa Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (24/11). Foto/Kemenkop UKM

NASIONAL

Menkop Sebut Penerima Bansos Naik Kelas Jadi Usaha Mikro
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto/Pikiran Rakyat

EKONOMI

Sri Mulyani Ungkap Ekonomi Digital Naik 3 Kali Lipat pada 2025
Sinergi perdagangan ritel dan UMKM. Foto/Ist

UMKM

Perdagangan Ritel-UMKM Harus Bersinergi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

UMKM

Pemerintah Tetapkan Anggaran Rp978 Miliar untuk UMKM
Sertifikasi Halal MUI. Foto/Ist

EKONOMI

Pemerintah Gratiskan Sertifikasi Halal bagi Pelaku UMK