Home / EKONOMI

Rabu, 27 Januari 2021 - 15:36 WIB

Cara Cairkan Insentif Kartu Prakerja

Ilustrasi daftar Kartu Prakerja. Foto/Ist

Ilustrasi daftar Kartu Prakerja. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp3,55 juta. Insentif itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk 3 kali survei atau Rp150 ribu.

Mengutip laman prakerja.go.id, Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan pertama. Sementara itu, insentif survei akan diterima jika peserta Kartu Prakerja telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id untuk evaluasi program ini.

“Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu akan menerima insentif pelatihan apabila telah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan pemberian sertifikat,” bunyi informasi di laman tersebut dikutip Selasa (26/1).

PMO akan memberikan insentif secara non tunai dengan transfer ke rekening bank atau akun e-wallet yang telah didaftarkan pada melalui situs www.prakerja.go.id. Selanjutnya, penerima insentif bebas membelanjakan dana tersebut untuk kebutuhan mereka.

Cara mencairkan insentif tersebut, peserta harus menyambungkan nomor rekening atau akun e-wallet untuk insentif melalui situs www.prakerja.go.id. Sebelum menyambungkan rekening bank atau e-wallet, pastikan terlebih dulu nomor rekening bank dan e-wallet atas nama kamu peserta dan menggunakan NIK yang sama dengan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja.

Peserta juga harus memilih e-wallet yang menjadi mitra Kartu Prakerja yakni OVO, LinkAja, Gopay, Dana, dan Bank BNI.

“Pastikan nomor handphone yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet. Dan akun e-wallet sudah di-upgrade atau akun e-wallet yang KYC meliputi verifikasi KTP dan swafoto,” imbuh PMO dalam laman itu.

Berikut cara menyambungkan rekening seperti dirangkum dalam laman prakerja.go.id.

Pertama, masuk ke dashboard akun, lalu pada bagian rekening, klik sambungkan rekening. Kedua, pilih bank atau e-wallet lalu klik sambungkan. Jika memilih nomor rekening bank, masukan data rekening dengan benar.

“Jika kamu memilih e-wallet, pastikan nomor handphone yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor telepon e-wallet kamu yang telah KYC atau e-wallet yang sudah di-upgrade atau premium,” imbuhnya.

Jika nomor handphone sudah benar, klik aktifkan. Masukkan nomor OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor handphone, lalu rekening atau e-wallet sudah tersambungkan.

Insentif Kartu Prakerja akan ditransfer ke rekening atau e-wallet tersebut telah peserta menyelesaikan pelatihan.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Karyawan bank menghitung tumpukan uang Rupiah. Foto/MI/Ramdani

EKONOMI

Bank BUMN Restrukturisasi Kredit UMKM Rp189 T
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj. Foto/MI

EKONOMI

Ketum PBNU Said Aqil Siradj Jadi Komisaris Utama PT KAI
Pedagang menata cabai rawit merah di Pasar. Foto/MI

EKONOMI

Pedagang Keluhkan Harga Cabai Rawit Merah Capai Rp100 Ribu
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meninjau hasil produksi Dekranasda Sultra. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Kerajinan UMKM Dekranasda Sultra Target Pasar Ekspor
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan konstruksi Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto/dok PUPR

EKONOMI

Telan Biaya Rp880 M, Bendungan Napun Gete NTT Bakal Beroperasi
Presiden Joko Widodo menghadiri dan menyampaikan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu, 21 November 2020. Foto/BPMI/Setpres

EKONOMI

Jokowi Singgung UU Ciptaker dan Ekonomi Hijau di KTT G20

EKONOMI

Pemda Bisa Jadi Lokomotif PEN
Kantor Bank Indonesia. Foto/Ist

EKONOMI

Penukaran Uang Rupiah yang Tak Laku Terakhir Hari Ini