Home / EKONOMI

Senin, 28 Desember 2020 - 17:06 WIB

Cara Cek Bansos Tunai Rp300 Ribu dari Kemensos

Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Sosial (Kemensos) tetap menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat akibat terdampak pandemi covid-19. Program bansos tunai langsung disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bantuan sosial tunai (BST) akan diperpanjang hingga Juni 2021. Besaran Bansos tunai Rp300 ribu. Nilai BST gelombang I sebesar Rp600 ribu per KPM selama tiga tahap, yakni April hingga Juni 2020. Gelombang II sebesar Rp300 ribu per KPM selama 6 tahap, yakni Juli hingga Desember 2020. Nilai bantuan disesuaikan karena situasi krisis membaik dan harga mulai stabil.

Sementara itu, untuk proses pengecekan daftar penerima bantuan, terdapat perubahan dari cara yang sebelumnya digunakan. Kini masyarakat bisa mengunjungi laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di alamat https://dtks.kemensos.go.id.

Lalu bagaimana cara mengeceknya?

Setelah masuk ke laman yang tersebut, bisa langsung mengisi data yang dibutuhkan untuk proses pengecekan. Mulai dari nomor identitas (NIK atau ID DTKS/BDT atau Nomor PBI JK/KIS), kemudian nama sesuai dengan jenis identitas yang digunakan, dan terakhir adalah memasukkan kode unik atau captcha yang tersedia. Terakhir klik Cari.

Namun, ditegaskan bahwa laman tersebut hanya diperuntukkan bagi maysarakat yang ingin mengecek informasi daftar penerima BST, bukan bantuan sosial lainnya, maupun mendaftar sebagai peserta bantuan sosial.

Alur pengecekan bansos tunai

– Kunjungi laman https://dtks.kemensos.go.id

– Pilih ID, ada tiga jenis ID yaitu ID DTKS/BDT, Nomor PBI JK/KIS, dan NIK. Adapun ID DTKS adalah ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Biasanya itu tersimpan di dinas sosial kabupaten kota. Jika tidak mempunyai, maka bisa memilih opsi NIK atau Nomor Induk Kependudukan atau nomor PBI JK/KIS.

– Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih

– Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih

– Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak box captcha

– Klik Cari

Selanjutnya proses pencairan bisa dilakukan melalui ATM, kantor cabang, atau e-warong menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang mereka miliki selama ini melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN.

Bagi penerima yang sudah memiliki rekening, BST akan disalurkan ke masing-masing rekening penerima melalui Himbara. Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki rekening akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

(oke)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi perkantoran. Foto/Ist

EKONOMI

Pemerintah Harus Buat Kebijakan Strategis untuk Masyarakat Terdampak
Ilustrasi pelaku UMKM. Ist

EKONOMI

Omnibus Law UU Ciptaker Untungkan Pelaku UMKM
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto/Pikiran Rakyat

EKONOMI

Pemerintah Tambah BLT Dana Desa Jadi hingga 12 Bulan
Ilustrasi perhotelan. Foto/Antara

EKONOMI

80 Pelaku Usaha Perhotelan Usulkan Penyesuaian UMP Tahun 2021
Foto/Kemenperin

EKONOMI

Kemenperin Siapkan Insentif Fiskal Bagi Industri Hijau
Maskapai pesawat Garuda Indonesia. Foto/Media Indonesia

EKONOMI

Garuda Luncurkan Tiga Rute Baru Destinasi Wisata Unggulan
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Program BLT UMKM Bakal Lanjut pada 2021
Ilustrasi penukaran uang rusak. Foto/Ist

EKONOMI

BI Kembali Buka Layanan Penukaran Uang Rusak