Home / UMKM

Jumat, 27 November 2020 - 14:58 WIB

Cara Cek Nama Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta se-Indonesia

Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Nama penerima se-Indonesia bantuan UMKM Rp2,4 ada di situs pembiayaan.depkop.go.id. Untuk itu, segera cek situs tersebut untuk memastikannya.

Di situs pembiayaan.depkop.go.id seluruh penerima bantuan UMKM se-Indonesia Rp2,4 juta dapat diketahui. Dengan begitu, Anda sebagai penerima dapat segera melengkapi data-data yang diperlukan.

Untuk diketahui, pemerintah sejauh ini menang terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi dampak akibat pandemi Covid-19. Salah satu upayanya yakni, memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Program bantuan disalurkan untuk individu, usaha dan kelompok baik dalam bentuk tunai maupun non tunai.

Salah satunya yakni, program bantuan presiden (Banpres) produktif usaha mikro atau BPUM alias BLT UMKM sebesar Rp2,4 juta yang dicairkan sekali salur.

Kini pendaftarannya telah memasuki tahap 2 dan dikabarkan akan berakhir di Desember 2020.

Jika Anda sudah mendaftar di tahap I tidak ada salahnya Anda mengecek nama-nama penerima bantuan UMKM tersebut dengan login pembiayaan.depkop.go.id login/index.php/public/penerima/index.

Di situs tersebut memuat daftar nama-nama penerima bantuan seluruh Indonesia. Jika Anda mendaftar di tahap II dan saat ini masih proses validasi di kementerian Koperasi dan UKM atau di bank penyalur, dipastikan nama Anda belum terdata di situs tersebut.

BACA JUGA:  Dukung UMKM Berorientasi Ekspor

Hanya saja situs ini untuk memudahkan Anda mencari sebagai penerima bantuan UMKM dari Kemenkop itu jika nanti Anda lolos sebagai penerima bantuan tersebut.

Dalam situs ini juga disediakan kolom aduan jika Anda memiliki permasalahan terkait bantuan UMKM. Ingat bukan untuk mengecek sebagai penerima BLT UMKM Rp2,4 juta ya, jika ingin mencek sebagai penerima BLT UMKM anda bisa akses di eform.bri.co.id/bpum.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, RS. Hanung Harimba Rachman menyatakan, pihaknya terus mengupayakan bantuan bagi pelaku usaha mikro bisa tepat sasaran berdasarkan data yang konkret dan akurat.

BACA JUGA:  BLT UMKM Tahap II Dibuka, Begini Syarat Daftarnya

“Selama ini kita memang kesulitan mendapatkan data yang riil. Oleh karenanya dari Forum Konsultasi ini bisa diperoleh data yang pasti, agar bantuan dari pemerintah tepat sasaran,” kata Hanung dikutip dari halaman resmi Kemenkop UKM beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dampak pandemi Covid-19 kepada UMKM tidaklah seragam. Ada UMKM yang sedang menerima kredit bank maupun lembaga pembiayaan lainnya dan usahanya mengalami penurunan produksi maupun penjualan.

“Terhadap mereka telah dialokasikan program restrukturisasi pinjaman dan pembebasan pajak,” kata dia.

Bagi UMKM yang sudah berkoperasi dan terdampak Covid-19, Hanung menambahkan, juga sudah diberikan alokasi anggaran untuk tambahan modal kerja kepada koperasi melalui LPDB Kemenkop-UKM.

Sementara itu, pelaku usaha mikro yang belum mengakses pembiayaan perbankan, bahkan tidak sedikit yang belum punya rekening di Bank, sebagaimana arahan Presiden Jokowi, juga akan mendapatkan pembiayaan dalam bentuk hibah dan disebut Banpres Produktif Usaha Mikro.

(ukm/heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi peaku UMKM batik. Foto/MI

UMKM

Aturan UU Ciptaker Belum Akomodatif Bagi UMKM
Ilustrasi pelaku UMKM. Ist

EKONOMI

Omnibus Law UU Ciptaker Untungkan Pelaku UMKM
Organisasi nirlaba Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa) terus membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi. Foto/Beritanusa

UMKM

Pusatnusa Jaring 71 UMKM Sebagai Mitra
Foto: Kementerian Koperasi dan UMKM.

UMKM

Debitur KUR Mikro Mulai Rasakan Manfaat Program PEN
UMKM. Foto/Antara/Nova Wahyudi

UMKM

Yang Harus Diperhatikan UMKM Jika Ingin Go Global
Foto/Beritanusa.id/Radhea Heqamudisa

UMKM

10 Mitra Binaan Pusatnusa Terima BLT UMKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

UMKM

Menkop Teten Prioritaskan 30 Persen Fasilitas Umum untuk UMKM
Parluhutan S (Topad), Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa). Foto/Beritanusa

NASIONAL

Surat Terbuka Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara kepada Menteri Teten