Home / NASIONAL

Rabu, 2 September 2020 - 10:36 WIB

Cara Dapat Listrik Gratis dari PLN

Ilustrasi token listrik. Foto/Ist

Ilustrasi token listrik. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – PT PLN (Persero) di September ini masih memberikan stimulus dalam bentuk diskon listrik. Pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA yang menjadi target, apakah sudah manfaatkan bantuan tersebut?

Besaran diskonnya cukup lumayan, yakni 100 persen alias gratis untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA bersubsidi, ditandai dengan kode R1 pada struk pembayaran listrik.

Cara untuk mendapatkannya juga cukup mudah. Dikutip dari situs resmi PLN, Selasa (1/9), berikut dua metode yang bisa dilakukan untuk mendapat token listrik gratis:

1. Lewat situs resmi www.pln.co.id
Pertama-tama, akses laman resmi PLN di alamat www.pln.co.id. Dari tiga pilihan yang tertera di layar, pilih (klik/tap) ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)’.

Setelah itu, masukan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian. Masukan kode captcha, lalu klik cari.

Token listrik gratis atau diskon 50 persen akan tampil pada kolom keterangan. Token listrik gratis atau diskon 50 persen berhasil didapatkan dan bisa digunakan.

Kode yang didapat dari www.pln.co.id tersebut langsung bisa dipakai pada kWh meter di rumah.

2. Via WhatsApp
Cara untuk mendapatkan token listrik gratis via WhatsApp tidak kalah mudah. Pertama-tama chat PLN di nomor 08122-123-123. Kemudian, pengguna akan diberikan pilihan dengan tulisan ‘Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/Diskon Stimulus Covid-19’.

Format pesan yang akan Anda terima adalah sebagai berikut:

“Halo Electrizen. Ketik 1 untuk info listrik gratis/diskon stimulus Covid-19. Ketik 2 untuk baca meter mandiri pemakaian listrik (pascabayar)”.

Kirimkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik setelah mendapatkan balasan pesan otomatis selanjutnya. Format pesan otomatis yang akan Anda terima adalah seperti berikut:

“Halo electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga 900 VA subsidi (sesuai data terpadu kesejahteraan sosial) dan pelanggan bisnis dan industri 450 VA. Silakan masukan ID pelanggan/nomor meter Anda ya?”

Tak butuh waktu lama, sebuah pesan otomatis berisi token listrik gratis/diskon listrik akan Anda terima dan siap digunakan. (*)

Sumber: Detik

Share :

Baca Juga

Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Wilayah Mamuju
Kepadatan kendaraan roda empat dari arah Bogor menuju Jakarta di Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur , Senin (1/5). Foto/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

NASIONAL

Korlantas Polri: 60 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Hampir 10 Jam Diperiksa, Anies Dicecer 33 Pertanyaan
Ilustrasi patroli siber. Foto/Istimewa

NASIONAL

Mayoritas Kasus Hoaks dari Patroli Siber Tak Disidang
Kantor Bawaslu RI. Foto/Ist

NASIONAL

Ada Potensi Pelanggaran pada Pemungutan Suara Pilkada 2020
Ilustrasi tanah longsor. Foto/Antara

NASIONAL

BNPB: 2.676 Bencana Alam Terjadi Sepanjang 2020
Sertifikasi Halal MUI. Foto/Ist

NASIONAL

MUI: Vaksin Sinovac Suci dan Halal
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Istimewa

NASIONAL

Edhy Prabowo Mundur, Gerindra Siapkan Pengganti Waketum