Home / NASIONAL

Kamis, 4 Maret 2021 - 22:03 WIB

Cara Dapat Modul Latihan Seleksi Guru PPPK

Mendikbud Nadiem Makarim. Foto/Antara

Mendikbud Nadiem Makarim. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim membuat platform berbasis internet yang dapat diakses guru untuk belajar mandiri sebelum mengikuti seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021.

“Sebagai dukungan persiapan seleksi, kami menyediakan materi pembelajaran yang dapat diakses secara daring. Walaupun bisa gagal (lolos seleksi) pertama, kami bisa memberikan kesempatan beberapa kali sama dengan 3 kali untuk lolos seleksi tes menjadi guru PPPK,” kata Nadiem dalam acara yang disiarkan melalui Youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI, Rabu (3/3).

Untuk mengakses modul belajar tersebut, peserta tinggal mendaftarkan diri melalui laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahril mengatakan modul belajar tersebut dapat digunakan guru untuk menguasai dan memahami konten yang akan diujikan dalam seleksi nanti.

Seleksi PPPK akan menguji bidang ilmu yang sedang diajar, untuk guru honorer, atau ingin diajar, untuk lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Iwan meminta guru memperkaya pemahaman terhadap bidang ilmu yang digeluti.

“Saya mendorong bapak ibu semua yang sedang bersiap-siap menghadapi seleksi ASN PPPK ini bersikap proaktif dan mengambil inisiatif untuk mencari berbagai sumber belajar yang dapat memperkuat pengetahuan, memperkaya pemahaman terhadap konten yang menjadi amanahnya sebagai guru,” tutur Iwan.

Sebelumnya, Kemendikbud menyiapkan skema rekrutmen guru tahun ini melalui seleksi PPPK. Seleksi ini terbuka untuk guru honorer dan lulusan PPG tanpa batasan umur, selama belum memasuki usia pensiun.

Kemendikbud bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyiapkan kuota 1 juta guru PPPK tahun ini. PPPK akan memiliki gaji setara dengan PNS.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Demo omnibus law di Jakarta. Foto/Tribunnews

NASIONAL

Polisi Tetapkan 131 Tersangka Terkait Demo Ricuh di Jakarta
Gerakan masyarakat untuk bersatu melawan Covid-19. Foto/Antara/Muhammad Adimaja

NASIONAL

Bekasi Perpanjang Adaptasi Hidup Baru hingga 2 Februari
Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

NASIONAL

Calon Kepala Daerah yang Ancam Keutuhan NKRI akan Diproses Hukum
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Ist

NASIONAL

Kemenhub Siap Maksimalkan Jaringan Transportasi di Kalteng
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen Herman Asaribab. Foto/Ist

NASIONAL

Wakasad Herman Asaribab Wafat
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Kunjungi Kalteng, Jokowi Fokus Food Estate di Lahan 30 Ribu Ha
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas lanjutan pembahasan dampak virus Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Isu Reshuffle, 6 Sampai 8 Menteri Bakal Diganti
Persaudaraan Alumni 212. Foto/Antara

NASIONAL

Rizieq Hadiri Acara, Jalan Tebet Raya Dipadati Ribuan Jemaah