Home / KESEHATAN

Senin, 25 Januari 2021 - 12:06 WIB

Cara Hindari Pegal Akibat Duduk Seharian Saat WFH

Salah satu pegawai perusahaan swasta menyelesaikan pekerjaan di rumah, Jakarta, Senin (16/3/2020). Foto/MI

Salah satu pegawai perusahaan swasta menyelesaikan pekerjaan di rumah, Jakarta, Senin (16/3/2020). Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Selama menjalani work from home (WFH), seseorang bisa saja sepanjang hari berada di atas kasur. Namun, posisi duduk santai di atas kasur saat bekerja juga dapat memunculkan keluhan nyeri atau pegal-pegal.

Biasanya duduk di atas kasur saat bekerja biasanya akan membentuk postur tubuh yang kurang baik, terutama punggung. Area punggung cenderung akan membungkuk agar tubuh lebih dekat dengan layar laptop.

“Ditambah jika kaki Anda diluruskan ke depan, Anda akan menaruh tekanan di sepanjang sistem saraf Anda,” ujar fisioterapis dan Pendiri Physio Inverness, Fiona Houston seperti dilansir The Guardian, Senin (25/1).

Menurut dia, postur yang tidak baik saat bekerja di atas kasur ini dapat memunculkan beragam keluhan. Misalnya, nyeri dan pegal di pundak atau punggung. Posisi seperti ini juga dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Untuk menghindari keluhan-keluhan ini, orang-orang yang terbiasa bekerja di atas kasur perlu meluangkan waktu untuk melakukan peregangan. Salah satunya peregangan di area punggung.

“Duduk di kursi dan putar pundak Anda ke depan dan belakang,” tuturnya.

Gerakan lain yang dapat membantu adalah pose yoga seperti pose anak di mana seseorang duduk dengan bertumpu pada tumit, lalu pundak didorong ke bawah dan kepala menghadap lantai.

Opsi lainnya adalah pose kobra di mana seseorang tidur tengkurap dengan posisi tangan dan kaki mendatar di tanah lalu angkat kepala dan bahu menjauh dari lantai.

Houston menjelaskan, peregangan-peregangan ini cocok dilakukan saat WFH. Alasannya, gerakan peregangan ini cepat dan mudah untuk dilakukan dan sudah ada cukup banyak panduan yang tersedia secara daring.

Seorang pelatih olahraga, Lavina Mehta juga menganjurkan hal yang sama. Orang-orang yang bekerja dari rumah perlu menyisihkan sedikit waktu mereka untuk bergerak.

Salah satu yang dianjurkan Mehta adalah olahraga tiga menit untuk merelaksasi bahu yang tegang. Untuk melakukan olahraga ini, gunakan resistance band dan lakukan gerakan shoulder flossing.

Tahap pertama untuk menerapkan shoulder flossing adalah letakkan resistance band di kedua tangan. Setelah itu angkat tangan ke atas setinggi mungkin sambil meregangkan resistance band.

Setelah itu, turunkan tangan hingga telapak tangan berada di sisi paha. Ulangi gerakan ini untuk memberikan perasaan nyaman pada pundak dan leher.

“Saya mengatakan kepada setiap orang, (lakukan) shoulder floss setiap hari, seperti Anda harus melakukan floss pada gigi Anda setiap hari. Pasang alarm setiap hari agar Anda tidak lupa,” ujar Mehta.

Apabila tak bisa beranjak dari kasur, Mehta menganjurkan gerakan cat cow. Posisikan tubuh menungging dengan bertumpu pada kedua telapak tangan dan dengkul.

Setelah itu, posisikan area tulang ekor dan kepala ke atas lalu lakukan gerakan yang berlawanan di mana posisi punggung lebih tinggi dari kepala dan tulang ekor.

“(Manfaat gerakan ini) untuk meregangkan seluruh bagian tubuh hingga ke pusar Anda,” tukas Mehta.

Gerakan lain yang dapat dicoba adalah plank. Lakukan dan tahan posisi plank selama mungkin sesuai kemampuan.

Mehta juga merekomendasikan gerakan glute bridges. Untuk melakukan gerakan ini, berbaring telentang di lantai terlebih dahulu dan dan posisikan telapak tangan menyentuh lantai. Tekuk area dengkul dan dorong pinggul ke atas.

“(Gerakan ini baik) karena gerakan ini akan memperkuat glutes dan punggung Anda,” pungkas Mehta.

(the/gua/heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi orang berkacamata. Foto/Ist

KESEHATAN

Riset: Orang Berkacamata Berisiko Lebih Rendah Tertular Covid
Ilustrasi jalan kaki. Foto/Ist

KESEHATAN

Cara Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Bugar
Ilustrasi kopi krimer. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Jenis Makanan Ini Akibatkan Serangan Jantung
Ilustrasi usus sehat. Foto/Shutterstock

KESEHATAN

5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Usus
Ilustrasi memangku lapotp. Ist

KESEHATAN

5 Kebiasaan Gaya Hidup Milenial yang Harus Dihindari
Ilustrasi suntik vaksin Covid-19. Foto/Ist

KESEHATAN

Usai Suntik Vaksin Tak Boleh Langsung Pulang ke Rumah
Ilustrasi -- Jamu kunyit asam. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Rutin Konsumsi Jamu Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
Ilustrasi telur dan bayam. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Deretan Kombinasi Makanan yang Mampu Turunkan Berat Badan