Home / NASIONAL

Kamis, 1 Oktober 2020 - 09:16 WIB

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Oktober 2020

Ilustrasi PLN. Foto/Ist

Ilustrasi PLN. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Token listrik gratis bisa diklaim untuk pelanggan PLN periode Oktober 2020. Listrik gratis ini disediakan hingga Desember 2020 usai diperpanjang oleh pemerintah.

Perpanjangan ini merupakan yang kedua usai pemerintah menambah jangka waktunya sampai September 2020. Pemerintah menyatakan, lantaran pandemi virus corona (Covid-19) yang dipastikan belum berakhir dalam waktu dekat.

Pelanggan PLN dapat memperoleh token listrik gratis ini melalui online (mengakses www.pln.co.id), via WhatsApp atau secara offline dengan melapor ke perangkat desa bagi pelanggan PLN yang tidak memiliki akses internet.

Program token listrik gratis ini berlaku untuk pelanggan 450 VA. Namun mekanismenya berbeda untuk pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar.

Pelanggan dengan listrik daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis mendapatkan pembebasan tagihan listrik pada bulan Oktober. Token listrik gratis Okotber ini bisa diakses oleh pelanggan dengan daya listrik 450 VA.

Untuk pelanggan prabayar dapat memperoleh token gratis tersebut dengan mengirim ID pelanggan ke nomor Whatsapp 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Sementara pelanggan dengan 900 VA bisa memperoleh token gratis 50 persen. Cara memperolehnya pun melalui Whatsapp atau situs web PLN di www.pln.co.id.

Cara dapatkan token tistrik gratis dan diskon 50 persen melalui website PLN:

  1. Buka situs www.pln.co.id
  2. Masuk ke menu pelanggan, dan menuju ke pilihan stimulus Covid-19
  3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter
  4. Token gratis akan ditampilkan di layar, masukkan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Sementara itu, untuk mendapatkan token gratis dan diskon 50 persen melalui WhatsApp, Anda dapat menempuh langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Chat Whatsapp ke nomor 08122-123-123
  3. Ikuti petunjuk, salah satunya adalah dengan memasukkan ID Pelanggan
  4. Token gratis akan muncul yang dapat dimasukkan ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Oktober Via Offline

Pelanggan yang tidak memiliki akses internet tetap bisa menikmati fasilitas token listrik gratis dari PLN.

“Untuk masyarakat terpencil atau susah akses internet, masih banyak cara untuk bisa klaim token listrik gratis,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (persero) Bob Saril dalam konferensi pers di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Cara pertama adalah bagi pelanggan yang berhak menerima subsidi listrik, tetapi tinggal di daerah terpencil tanpa akses internet, maka bisa mendatangi perangkat desa terdekat, kemudian meminta perangkat desa mencatat ID PLN dan melaporkan melalui perangkat desa kepada PLN.

Nanti nomor token akan diberikan melalui perangkat desa. Begitu pula bagi pelanggan yang tidak memiliki akun WA.

Selain itu jika masih ada akses telepon, bisa menghubungi kontak PLN 123 dan minta disambungkan kepada pelayanan pelanggan, nanti akan diarahkan oleh layanan pelanggan.

Langkah terakhir apabila tidak ada internet dan telepon, maka pelanggan bisa mendatangi kantor PLN terdekat di seluruh penjuru Indonesia. Yang terpenting adalah nomor ID Pelanggan PLN selalu dicatat untuk dimintakan informasi kepada kantor PLN atau perangkat desa. (*)

Sumber: Tirto

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Perpres Terbit, Penolak Vaksin Terancam Sanksi
Kantor Bawaslu RI. Ist

NASIONAL

Bawaslu: Tak Mudah Gelar Pilkada di Tengah Pandemi
Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda. Foto/Ist

NASIONAL

TNI Respons soal Benny Wenda Deklarasikan Papua Merdeka
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi III DPR, Rabu (20/1). Foto/DPR RI

NASIONAL

8 Komitmen Komjen Listyo Sigit Bila Jadi Kapolri
Ilustrasi UMKM. Foto: Istimewa

NASIONAL

UMKM Bakal Dapat Modal Kerja, tapi Masih Dibahas
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 November 2020. Foto/ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

NASIONAL

Usai Jadi Tersangka, Edhy Prabowo: Ini Adalah Kecelakaan
Banjir masih menjadi ancaman besar di wilayah Kalimantan Selatan, bahkan masuk dalam zona merah. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

Eksploitasi Alam Jadi Penyebab Banjir Kalsel
Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

DPRD DKI Lockdown hingga 18 Januari