Home / NASIONAL

Selasa, 23 Februari 2021 - 17:28 WIB

Cegah Banjir Jabodetabek, TNI AU Bantu Rekayasa Cuaca

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama TNI Angkatan Udara (AU) melakukan rekayasa cuaca (TMC) melalui proses penyemaian awan menggunakan pesawat kemarin, Senin (22/2). Foto/MI

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama TNI Angkatan Udara (AU) melakukan rekayasa cuaca (TMC) melalui proses penyemaian awan menggunakan pesawat kemarin, Senin (22/2). Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama TNI Angkatan Udara (AU) melakukan rekayasa cuaca (TMC) melalui proses penyemaian awan menggunakan pesawat kemarin, Senin (22/2).

Proses modifikasi cuaca tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang (Jabodetabek).

“TMC dilaksanakan menggunakan pesawat CN-295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Indan Gilang dalam keterangan resminya, Selasa (23/2).

TNI AU mengangkut sekitar delapan tabung dengan total garam seberat 2,4 ton. Garam tersebut ditaburkan di atas ketinggian 10.000 hingga 12.000 kaki.

Beberapa titik dipilih sebagai target penaburan garam untuk modifikasi cuaca di wilayah yang memiliki awan potensial hujan. Wilayah itu di antaranya berada di daerah Selat Sunda, Ujung Kulon, dan Lampung Timur.

“Sehingga hujan tak masuk ke wilayah Jabodetabek,” kata Indan.

Sebelumnya, pihak BPPT sudah menurunkan tim modifikasi cuaca untuk redistribusi curah hujan untuk mencegah bencana banjir di Jabodetabek.

Metode TMC biasanya dilakukan melalui penyemaian garam di awan. Hal itu akan mempercepat pelembaban dan membuat awan jatuh di atas laut.

Sejumlah wilayah di Jakarta, Bekasi, Tangerang, hingga Karawang dilanda banjir saat hujan deras mengguyur Sabtu (20/2) dini hari hingga siang. Ribuan warga terdampak banjir di sejumlah wilayah tersebut.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Vaksin covid-19 produksi Sinovac. Foto/AFP

NASIONAL

Bio Farma Targetkan Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Setahun
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Perkiraan Vaksinasi Covid-19 Mulai Februari 2021
Presiden Joko Widodo. Foto/Ist

NASIONAL

Presiden Jokowi Minta Kemenkes Buat Desain Perencanaan Tes
Ilustrasi sekolah. Foto/Ist

NASIONAL

33 Guru MAN 22 Jakarta Positif Covid Usai dari Yogyakarta
RS Ummi Bogor. Foto/Ist

NASIONAL

RS Covid Bogor Nyaris Penuh, GOR dan Hotel Disiapkan
Ilustrasi pembakaran. Foto/Pixabay

NASIONAL

10 Korban Tewas Kebakaran di Matraman Diduga Tertidur
Suasana sidang di Mahkamah Konstitusi, Rabu (19/6). Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A

NASIONAL

MK Gelar Sidang Gugatan UU Ciptaker Hari Ini
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (tengah) menyampaikan keterangan pers. Foto/Antara

NASIONAL

Polisi Tangkap Pembawa Sabu 201 Kg Jaringan Timteng