Home / TOPAD

Kamis, 4 Maret 2021 - 10:33 WIB

Corona B117 Muncul, Akankah Maret Mop Gantikan April Mop?

Parluhutan S.SE.Ak, M.Ak, CA, CMA (Topad), pendiri Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa/www.pusatnusa.com).

Parluhutan S.SE.Ak, M.Ak, CA, CMA (Topad), pendiri Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa/www.pusatnusa.com).

Oleh: Parluhutan S.SE.Ak, M.Ak, CA, CMA (Topad), pendiri Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa/www.pusatnusa.com).

MENILIK sejarah bangsa ini, sejak kemerdekaan sudah beberapa kali, Maret menjadi bulan terjadinya peristiwa besar. Baru-baru ini, 3 Maret 2021 bangsa ini kembali dikagetkan dengan masuknya virus corona B117 yang diberitakan datang dari negara Inggris, yang pernah menjajah bangsa ini selama 5 tahun (1811-1816).

Suasana yang sama, 2 Maret 2020 pemerintah mengumumkan awal masuknya virus corona (Covid-19). Terindikasi dari dua warga yang sebelumnya berhubungan dengan warga Jepang. Di media NHK Jepang, warganya itu, diberitakan kasus kedua terpapar, sekembalinya wisata dari Indonesia bulan Maret 2020 dan yang pertama warga Cina bermarga Jin, 8 hari sekembalinya wisata dari Bali.

Sedangkan mutasi virus corona B117 yang asalnya dari Inggris, diberitakan teridentifikasi pada TKI yang pulang dari Arab. Diberitakan corona B117 ini lebih cepat menular dan gejala yang dirasakan kelelahan, merasa lesu, mual hingga pusing, nyeri otot, radang tenggorokan, diare, mata merah, sakit kepala, ruam pada kulit, perubahan warna pada jari tangan dan kaki.

Ada Apa dengan Maret?

Penulis tidak bermaksud untuk mengulas sebab dan akibat peristiwa besar bagi bangsa ini, yang terjadi di bulan Maret. Penulis hanya menilik sejarah peristiwa besar perjalanan bangsa ini, dari segi waktu yang banyak terjadi peristiwa besar dan penting, yang terjadi pada dan berawal bulan Maret.

Setelah merdeka, 21 tahun kemudian, tepatnya setelah keluar dekrit presiden 11 Maret 1966, terjadi pergantian Presiden dari proklamator bangsa ini, Ir. Soekarno (6 Juni 1901 – 21 Juni 1970), kepada Bapak Pembangunan, Soeharto (8 Juni 1921 – 27 Jan 2008)

Setelah terbitnya Supersemar tersebut, pada 12 Maret 1967 Soeharto diangkat sebagai Pejabat Presiden Indonesia oleh MPR Sementara. Setahun kemudian, pada tanggal 27 Maret 1968 Soeharto resmi diangkat sebagai Presiden untuk masa jabatan lima tahun yang pertama. Kemudian Soeharto lengser, hanya berselang 2 bulan dari 11 Maret 1998, tanggal pelantikan Presiden ketujuh kali.

Selanjutnya, dalam bulan Maret BJ Habibie, dilantik menjabat wakil presiden pada tanggal 14 Maret 1998, sebelum beliau dilantik menjadi presiden, menggantikan Soeharto.

Baru saja dalam tahap mendapatkan penyuntikan vaksin Covid-19 yang dimulai awal tahun 2021, sedikit melegakan atas tekanan Covid-19 dan dampaknya, namun sudah kembali dihantui ancaman corona baru, B117.

Kondisi ini tentu menjadi perhatian besar dan tidak ada pilihan lain adalah rakyat dan pemerintahnya harus lebih kompak lagi, lebih serius dan lebih fokus untuk melaksanakan kebijakan yang sudah ada dan membuka peluang mengkaji ulang apa dan bagaimana langkah ke depannya, dan tidak lupa untuk merenung dan mengoreksi diri kita masing-masing, siapa tahu ada yang salah dengan predikat bangsa ini, yang telah dinobatkan oleh beberapa lembaga survei luar negeri, sebagai negara yang paling religius, namun tidak demikian di hadapan Tuhan kita?

BACA JUGA: Apakah Negara Paling Bahagia Ada di Negara Paling Religius?

Share :

Baca Juga

Parluhutan S.SE.Ak, M.Ak, CA, CMA (Topad), pendiri Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa/www.pusatnusa.com).

TOPAD

Surat Terbuka Ke Rakyat, DPR dan Pemerintah
Ketua Umum PUSATNUSA Parluhutan S. Foto/pribadi

TOPAD

Just Do It
Parluhutan S.SE.Ak, M.Ak, CA, CMA (Topad), pendiri Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa). Foto/Beritanusa.id

TOPAD

NKRI Harga Mati
Foto: Pusatnusa

TOPAD

Hentikan Pencitraan
Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (PUSATNUSA) Parluhutan S. SE.Ak, M.Ak, CA, CMA atau Topad memberikan arahan kepada para relawan muda dalam mengembangkan sistem pasar digital untuk para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), di Gedung Gorga, Jakarta, Senin (3/8). (Foto: Radhea Heqamudisa/Beritanusa.id)

TOPAD

Menanti Loncatan Besar

TOPAD

Ubah Strategi Maps Minerba Negara Dapat Raup US$ 1 Triliun

TOPAD

Korupsi Pengadaan Barang/Jasa Unggul dan Mempertanyakan Peran LKPP
Almarhum Sahala Halomoan Manalu.

TOPAD

Pahlawan Tersembunyi