Home / NASIONAL

Rabu, 23 Desember 2020 - 10:02 WIB

Daftar Nama Menteri Baru Jokowi yang Dilantik Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden RI Joko Widodo resmi melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12). Jokowi mencopot sejumlah menteri dan menunjuk beberapa nama baru.

Para menteri yang dicopot itu hanya bekerja selama satu tahun sejak diumumkan pada saat Jokowi-Ma’ruf Amin memimpin 2019 lalu.

Beberapa nama yang dicopot dalam Kabinet Indonesia Maju adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Jokowi pun menunjuk enam nama baru untuk menggantikan menteri yang dicopot. Dua di antaranya merupakan pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari P Batubara yang tersandung kasus korupsi belum lama ini.

Nama-nama baru anggota Kabinet Indonesia Maju di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perdagangan M Luthfi, Menteri Sosial Tri Rismaharini serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Jokowi akan melantik para menteri baru pada hari ini, Rabu (23/12) di Istana Negara, Jakarta.

Sebelumnya, rencana Jokowi untuk me-reshuffle kabinet sempat diungkap ketika mengeluhkan kinerja para menteri yang biasa-biasa saja di tengah pandemi virus corona (Covid-19) pada Juni lalu. Di situasi seperti saat ini, Kepala Negara ingin semua anggota kabinet bekeja luar biasa.

(heq)

Share :

Baca Juga

Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Liputan6

NASIONAL

Kasus Chat Mesum Rizieq Dilanjutkan
Ilustrasi tes usap atau swab test antigen. Foto/Antara

NASIONAL

Dua Lokasi Swab Test Antigen Gratis untuk Warga
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Dalami Tahapan Pengadaan Bansos Covid-19
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkap masih ada 12 ribu sekolah yang tak memiliki akses internet di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T). Foto/Ist

NASIONAL

Kemendikbud Kirim Kuota Belajar Gratis 11-15 Maret 2021
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate.

NASIONAL

5 Jubir Vaksinasi Covid yang Ditunjuk Pemerintah
Warga berolahraga di alun-alun Kota tangerang untuk mendapatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Foto/Antara/Fauzan

NASIONAL

Update Corona 30 Desember: Tambah 8.002, Positif 735.124
Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa kepada 71 orang penerima dalam upacara Penganugerahan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 11 November 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Presiden Jokowi Anugerahkan 71 Tanda Kehormatan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mewanti-wanti semua pihak yang mencoba mengganggu persatuan dan kesatuan Indonesia. Foto/TNI

NASIONAL

Panglima: Ganggu Persatuan Akan Berhadapan dengan TNI