Home / NASIONAL

Senin, 12 Oktober 2020 - 15:04 WIB

Datangi Istana, Demo Tolak Omnibus Law Ciptaker Masih Berlanjut

Aksi unjuk rasa buruh. Foto/Detik

Aksi unjuk rasa buruh. Foto/Detik

JAKARTA, BERITANUSA.id – Aksi demonstrasi menolak omnibus law Undang-undang (UU) Cipta Kerja kembali digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada hari ini, Senin (12/10). Massa kali ini berasal dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

“Aksi akan berlangsung selama lima hari berturut-turut, pada 12-16 Oktober 2020,” ujar Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Elly Rosita Silaban saat dikonfirmasi, Senin (12/10).

Selain menolak pengesahan omnibus law UU Cipta Kerja, mereka menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perpu.

Pada Kamis (8/10) lalu, massa demonstrasi terdiri dari kelompok buruh dan mahasiswa telah melakukan unjuk rasa dengan tuntutan serupa, yakni penolakan UU Cipta Kerja. Aksi dilakukan serentak di berbagai daerah di Indonesia.

Di Jakarta, demonstrasi berakhir ricuh. Sebelumnya pada 6-8 Oktober, berbagai organisasi buruh juga telah mogok nasional.

Selain KSBSI, Aliansi Nasional Antikomunis atau ANAK NKRI juga juga akan unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja di depan Istana Merdeka. Mereka akan berdemonstrasi besok, 13 Oktober mendatang. Demonstrasi bertajuk ‘AKSI 1310 Tolak UU Cipta Kerja/Cilaka’ itu bakal diikuti oleh berbagai organisasi Islam seperti Persatuan Alumni (PA 212).

(tem/po/heq)

Share :

Baca Juga

Mendikbud Nadiem Makarim. Foto/Ist

NASIONAL

Nadiem Anjurkan Mahasiswa Magang di Perusahaan atau Ormas
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Kementerian PUPR

NASIONAL

Realisasi Belanja Infrastruktur PUPR Per Agustus Capai Rp33,9 Triliun
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Tito Teken Instruksi PPKM Jawa-Bali hingga 8 Februari
Guru memberikan pengarahan kepada murid saat hari pertama masuk sekolah di SDN 11 Marunggi, Pariaman, Sumatera Barat. Foto/Antara

NASIONAL

Program Kampus Mengajar Angkatan Kedua Dibuka Juni
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. Foto/SINDOphoto

NASIONAL

Wakil Ketua DPR: Pemerintah Harus Lebih Perhatikan Petani
Tangkapan layar bit.ly/covid19perusahaan

NASIONAL

Jika Ada yang Positif Covid di Kantor, Segera Lapor ke bit.ly/covid19perusahaan
Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG Sebut Puncak Musim Hujan di Akhir Maret 2021
Tersangka kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Komisaris PT Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1). Foto/Antara/Muhammad Iqbal

NASIONAL

Divonis Hukuman Seumur Hidup, Benny Tjokro Ajukan Banding