Home / NASIONAL

Jumat, 4 September 2020 - 14:01 WIB

Daya Beli Turun, Produk Dagang Terpukul

Ilustrasi pasar sepi. ist

Ilustrasi pasar sepi. ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Daya beli masyarakat sedang merosot tajam seiring virus Corona (Covid-19) yang sedang mewabah. Akibatnya, sejumlah produk dagang juga ikut terpukul, karena sepi pembeli.

“Penurunan daya beli telah memukul penjualan sejumlah produk. Komponen tersebut umumnya produk-produk yang dijual di pasar,” kata Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan seperti dikutp laman resmi DPR RI, Jumat (4/9).

Sebelumnya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) merilis fakta, dalam sebulan terakhir omset pedagang turun hingga 60 persen. Angka tersebut, menurut Hergun, sapaan akrabnya, menggambarkan betapa lesunya penjualan di pasar.

Bahkan, fakta di lapangan lebih parah, karena saat ini kondisi pasar masih sepi. Masyarakat belum sepenuhnya berani ke pasar karena publikasi korban Covid-19 yang terus bertambah.

“Lesunya penjualan di pasar memaksa pabrik mengurangi produksi. Bahkan, dengan alasan efisiensi, pabrik melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Korban PHK tidak lagi memiliki penghasilan. Bisa disimpulkan penurunan penjualan di pasar pada akhirnya akan memperparah daya beli masyarakat secara nasional,” tuturnya.

“Kondisi inilah yang harus diperhatikan pemerintah. Solusi mengatasi penurunan ekonomi adalah dengan menggairahkan perdagangan di pasar,” pandang politisi Partai Gerindra ini.

Ketika ditanya perlukah memberi stimulus bagi entitas pedagang pasar tradisional, karena terdampak wabah Corona, anggota baleg DPR itu menjawab pemerintah sudah memiliki beberapa program stimulus untuk membantu pelaku usaha yang terdampak. Misalnya, program subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR), stimulus untuk UMKM, dan lain-lain.

“Para pedagang pasar bisa mengakses program stimulus itu. Pedagang pasar yang memiliki kredit di bank bisa mengajukan restrukturisasi. Selain itu, bisa juga mengajukan program bantuan UMKM Rp2,4 juta yang ditujukan untuk 12 juta pelaku UMKM. Pendaftaran bisa dilakukan di dinas UMKM setempat,” ungkap Hergun. (dpr)

Share :

Baca Juga

Obat Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Obat Covid-19 Temuan Unair, BIN dan TNI AD Patut Diapresiasi
Barang bukti narkoba senilai Rp1-2 triliun diamankan BNN. Foto/dok BNN

NASIONAL

BNN-Bakamla Amankan Sabu 466 Kg dari 4 Kasus Besar
Ilustrasi pengamanan TNI-Polri. Foto: Antara

NASIONAL

Serang TNI di Intan Jaya, Seorang Anggota KKB Tewas
Kantor KPK KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

KPK Panggil Dirut Swasta Soal Kasus Korupsi Bansos
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi Minta Gubernur Terapkan Pembatasan Mikro RT dan RW
Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

NASIONAL

Tes GeNose, Penumpang KA Wajib Puasa Satu Jam
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Perpanjang PSBB Transisi hingga 17 Januari
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir

NASIONAL

Muhammadiyah Sebut Presiden Terbuka Kritik