Home / NASIONAL

Selasa, 4 Agustus 2020 - 15:23 WIB

Delapan Kapolda Dimutasi

Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Istimewa

Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan mutasi di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sejumlah perwira tinggi dan menengah mengalami pergantian jabatan.

Tercatat ada delapan Polda yang mengalami pergantian pimpinan. Pergantian itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2247/VII/KEP./2020 dan surat telegram yang lain, bernomor ST/2248/VII/KEP./2020, yang terbit pada Senin (3/8). Surat itu ditandatangani atas nama Kapolri, oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

“(Mutasi dalam rangka) penyegaran organisasi,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono seperti dikutip laman resmi Polri, Selasa (4/8).

Dalam surat tersebut tertuang jabatan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) akan ditinggalkan Irjen Muktiono. Dia dipromosikan menjadi Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri. Jabatan Kapolda Kaltim akan diisi oleh Irjen Herry Rudolf yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri.

Kemudian jabatan Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) akan ditinggalkan Irjen Indrajid. Dia dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Jabatan Kapolda Kaltara akan diisi Irjen Bambang Kristiono yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Lalu jabatan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) akan ditinggalkan Irjen Royke Lumowa yang kini menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Irjen Z Panca Putra akan mengisi jabatan sebagai Kapolda Sulut.

Selanjutnya, jabatan Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) akan ditinggalkan oleh Irjen Merdisyam. Dia akan menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia menggantikan Irjen Mas Guntur Laupe yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara Kapolda Sultra akan dijabat oleh Brigjen Yan Sultra Indrajaya yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sultra. Posisi Wakapolda Sultra kini diisi oleh Brigjen Waris Adono.

Kemudian, jabatan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) akan ditinggalkan oleh Irjen Syafril Nursal yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Sulteng akan diisi oleh Brigjen Abdul Rahman Baso.

Jabatan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) akan ditinggalkan Irjen Hamidin yang kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Irjen Lotharia Latif kini menjabat sebagai Kapolda NTT.

Terakhir, jabatan Kapolda Gorontalo akan ditinggalkan Irjen Adnas yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Brigjen Akhmad Widyagus akan diangkat sebagai Kapolda Gorontalo. (hms/pol)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi tes usap atau swab test antigen. Foto/Antara

NASIONAL

Dana Covid Rp132 T, Tes Harus Bisa 15 Persen Penduduk
Ojek daring terdampak pemberlakuan PSBB. Pengemudi ojek daring menunggu pesanan di kawasan gedung perkantoran Sudirman, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Pemprov DKI Raup Rp6 Miliar dari Denda Pelanggaran PSBB
Dishub DKI Jakarta tengah mengatur lalu lintas. Foto/Ist

NASIONAL

Dishub DKI Siapkan Rekayasa Lalin Siaga Aksi 1310 Tolak UU Ciptaker
Aksi unjuk rasa buruh. Foto/Detik

NASIONAL

Tolak UU Ciptaker, Buruh Demo Besar-besaran di Hari Pahlawan
Ilustrasi--Kelompok lansia suntik vaksin. Foto/Antara

NASIONAL

Suntik Vaksin Lansia Periode Maret-April
Penjualan pernak-pernik Imlek di Pasar Glodok, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Kasus Kerumunan Imlek PIK Jakarta Kelar Tanpa Sanksi Denda

NASIONAL

VIDEO: Sudah Lebih 6 Jam Banjir DKI Belum Surut
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

Menkes Siap Jadi Orang Pertama yang Divaksin Sebelum Jokowi