Home / NASIONAL

Selasa, 22 Desember 2020 - 16:14 WIB

Denda Pelanggar Prokes di DKI Capai Rp5,5 Miliar

Warga mencuci tangan sebelum masuk ke perkampungan yang melakukan karantina wilayah, di Cipulir, Jakarta Selatan. Foto/Antara

Warga mencuci tangan sebelum masuk ke perkampungan yang melakukan karantina wilayah, di Cipulir, Jakarta Selatan. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin mengatakan, total denda dari para pelaku pelanggaran protokol kesehatan covid-19 hingga saat ini mencapai angka Rp5,5 miliar.

“Keseluruhan sudah Rp5,5 miliar sampai dengan kemarin tanggal 20 (Desember),” kata Arifin dalam keterangannya yang dikutip Selasa (22/12).

Denda ini, kata dia, merupakan dana yang terkumpul sejak April hingga 20 Desember 2020. Denda ini juga merupakan total yang terkumpul dari para pelaku pelanggaran, mulai dari yang tidak menggunakan masker hingga pelanggaran yang dilakukan oleh para pelaku usaha.

“Dari keseluruhan, dari masker dari pelanggaran pertokoan, perkantoran, dan sebagainya,” kata dia.

Kata dia, denda terbesar yang harus dibayar berkaitan dengan protokol kesehatan sebesar Rp50 juta. Menurutnya, ada beberapa pelanggaran yang memang didapati tergolong besar hingga diwajibkan membayar denda dengan tagihan fantastis itu.

“Denda terbesar ya beberapa tempat yang dikenakan denda terbesar Rp50 juta. Ada resto, ada kemarin kerumunan, ada yang kita kenakan sampai Rp50 juta,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Arifin juga mengimbau kepada jajarannya agar tetap disiplin dan bekerja sesuai dengan ketentuan. Pengawasan, kata dia, harus tetap dilakukan terhadap para pelaku usaha dan masyarakat di tengah pandemi.

“Ya tetap tidak boleh lelah ya, tidak boleh berhenti, jenuh, bosen, ya karena memang kedisiplinan masyarakat itu perlu juga terus dilakukan pengawasan,” kata dia.

“Kemudian kita ingin tegakkan lagi kesadaran masyarakat jangan karena ada unsur pengawasan tapi mari kita komitmen yang sama untuk bagaimana kita menjalankan 3M,” imbuhnya.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Jokowi: Pemerintah Optimis dalam Pengendalian Covid-19
Fasilitas olahraga di DKI. Foto/Ist

NASIONAL

PSBB DKI, Dispora Tutup Sementara Fasilitas Olahraga
Pengunjung mengenakan masker mengunjungi Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). Foto/MI

NASIONAL

PSBB Lebih Efektif Dibanding Wacana Lockdown Weekend
Penumpang menunggu bus TransJakarta di Halte TransJakarta Pasar Baru Timur, Jakarta, Selasa (10/9). Foto/MI/Bary Fathahillah

NASIONAL

Imbas Demo Buruh, Transjakarta Ubah Rute Blok M-Kota
Wisma Atlet Kemayoran. Foto/Berita Satu

NASIONAL

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid di Wisma Atlet 75 Persen
Foto: BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk UMKM
Pekerja pemakaman beristirahat di TPU Pondok Ranggon, Jakarta. Foto/AFP/Adek Berry

NASIONAL

DKI Siapkan Lahan Makam Covid Baru di TPU Rorotan
Subdit II Harda Bangtah Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus delapan orang yang diduga sebagai mafia tanah. Foto/Polri

NASIONAL

Polisi Ungkap Sindikat Pemalsu Sertifikat Tanah di DKI Senilai Rp6 Miliar