Home / NASIONAL

Senin, 21 September 2020 - 14:34 WIB

Dentuman Misterius di Langit Jakarta, Ini Kata BMKG

Ilustrasi kota DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional. Foto/Ist

Ilustrasi kota DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Suara dentuman keras misterius terdengar di langit DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Selatan pada Minggu (20/8) malam. Sejumlah warga mengaku mendengar bunyi dentuman sebanyak dua kali sekitar pukul 19.45 WIB.

“Kedengaran dua kali suaranya, kencang banget pas saya lagi nonto TV di rumah. Sekitar habis Isya-lah kedengarannya,” kata salah satu warga kelurahan Pasar Minggu Surti (52) dikutip Beritanusa.id dari Kompascom, Senin (21/9).

Dalam kesaksiannya, ia mengatakan, dentuman terdengar asing karena suaranya tak seperti suara gemuruh ketika jelang hujan. Namun, Surti mengaku tak terlalu menghiraukan kejadian tersebut.

“Memang kencang, tapi biasa saja pas dengar. Kayak suara apa ya, begitu. Tapi ya sudah, mungkin mau hujan saya pikir begitu,” ungkapnya.

Dentuman misterius itu sendiri membuat heboh di media sosial Twitter pada Minggu malam. Berdasarkan laporan para warganet, dentuman itu terdengar setidaknya dua kali dengan rentang waktu 1-2 menit.

BMKG pun merespons suara dentuman itu. Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan berdasarkan pencocokan waktu pada saat dentuman itu terdengar, pihaknya tak mencatat ada aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya.

“Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB,” kata dia seperti dikutip dari akun Twitter miliknya, Minggu malam.

Dia mengatakan BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar itu. Pihaknya tetap mengacu pada data hasil monitoring.

“Namun acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya dentuman,” kata dia. (heq/dbs)

Share :

Baca Juga

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P

NASIONAL

Polda Metro Buat Skema Cegah Kerumunan di Malam Tahun Baru
Deputi Gubernur BI periode 2020-2025 Doni Primanto. Foto: Ist

NASIONAL

Doni Primanto Resmi Ditunjuk Jadi Deputi Gubernur BI 2020-2025
PSBB Kota Bandung. Ist

NASIONAL

Poin-poin PSBB Jawa dan Bali
Bupati Bogor Ade Yasin. Foto/MI

NASIONAL

Bupati Bogor Pastikan Banjir Bandang Tak Telan Korban Jiwa
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto/MI

NASIONAL

Menko PMK Muhadjir Effendy Jadi Plt Mensos
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto/PMJ News

NASIONAL

Kapolri Terbitkan Telegram Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan

NASIONAL

4.000 Personel Siap Tindak Pelanggar Lalu Lintas Selama PSBB Transisi
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

NASIONAL

Tangsel Mulai Vaksinasi Corona 14 Januari