Home / KESEHATAN

Selasa, 2 Maret 2021 - 12:06 WIB

Deretan Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi oatmeal. Foto/WebMD

Ilustrasi oatmeal. Foto/WebMD

JAKARTA, BERITANUSA.id – Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, asupan makanan sehat diyakini akan membuat kekebalan tubuh terjaga dan terus bugar. Namun biasanya makanan sehat dan produk segar tergolong mahal.

Tetapi, ada juga makanan sehat dengan harga terjangkau dan bahkan bisa disiapkan sendiri. Seperti dilansir laman Boldsky, Selasa (2/3), berikut deretan makanan sehat murah meriah.

1. Buah-buahan

Beragam buah-buahan seperti pisang, jeruk, apel, kiwi, dan blewah dikenal sangat sehat serta bisa dibeli dengan harga terjangkau. Buah merupakan sumber nutrisi dan antioksidan yang luar biasa sehingga meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein yang bagus bagi tubuh Anda. Makan telur setiap hari akan memberi tubuh semua nutrisi yang dibutuhkan. Anda bisa konsumsi telur dengan berbagai olahan seperti omelet atau sandwich.

3. Sayuran

Sayuran adalah makanan yang paling penting untuk tubuh Anda, karena sehat dan murah. Sayuran berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

4. Kacang

Makanan yang berasal dari nabati ini kaya akan kandungan protein, dan menjadi alternatif terbaik untuk dijadikan camilan sehat.

Kacang juga berfungsi sebagai sumber serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengendalikan gula darah dalam tubuh.

5. Susu

Susu adalah minuman sehat yang menyediakan banyak kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin B, protein, dan fosfor. Minum susu setiap hari berguna untuk mencegah beberapa penyakit kronis seperti osteoporosis, demensia, penyakit jantung, dan diabetes.

6. Oatmeal

Oatmeal sarat vitamin dan mineral penting seperti zat besi, seng, serat, magnesium, serta vitamin B sehingga bisa mengurangi risiko beberapa penyakit yang menyerang, misalnya obesitas, jantung, dan diabetes tipe 2.

Makanan ini merupakan salah satu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi saat sarapan.

(bod/sky)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi saat kerja. Foto/Ist

KESEHATAN

Cara Hilangkan Kantuk saat Bekerja Selain Minum Kopi
Rusia mulai vaksinasi warga. Foto/AFP

KESEHATAN

4 Hal Wajib Diperhatikan Usai Suntik Vaksin Covid
Ilustrasi menggunakan masker. Foto/Ist

KESEHATAN

Hindari Masker Kotor Karena Bisa Iritasi Kulit Wajah
Pasien tanpa gejala (OTG) covid-19 berada diruang isolasi mandiri di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Foto/MI/Fransisco Carolio

KESEHATAN

6 Hal yang Wajib Dijalani Ketika Isolasi Mandiri di Rumah
Buah kiwi. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Buah-buahan yang Bisa Dikonsumsi Saat Malam Hari
Ilustrasi kesehatan ginjal. Foto/Getty Images

KESEHATAN

7 Cara Jaga Kesehatan Ginjal
Ilustrasi usus sehat. Foto/Shutterstock

KESEHATAN

5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Usus
Ilustrasi--penambah berat badan. Foto/Istimewa

KESEHATAN

6 Asupan Sehat Penambah Berat Badan