Home / NUSANTARA

Rabu, 17 Februari 2021 - 09:35 WIB

Desa di Tuban Mendadak Jadi Kampung Miliarder

Warga Desa Sumurgeneng, Tuban membeli belasan mobil. Foto/Tangkapan layar

Warga Desa Sumurgeneng, Tuban membeli belasan mobil. Foto/Tangkapan layar

KABUPATEN TUBAN, BERITANUSA.id – Sejumlah warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur mendadak menjadi miliarder baru. Mereka mendapat uang kompensasi penggantian dari lahan yang dibebaskan untuk pembangunan proyek kilang minyak Tuban.

Kabar ini bahkan sempat viral di media sosial saat video rekaman aksi sejumlah warga desa membeli belasan mobil baru secara berjamaah dalam sehari.

Kepala Desa Sumurgeneng, Gihanto membenarkan aksi warganya yang memborong belasan mobil mewah. Ia menyebut mereka mendapatkan uang kompensasi yang jumlahnya rata-rata sebesar Rp8 miliar.

“Untuk warga asli sini yang paling banyak itu mendapatkan sebesar Rp26 miliar. Ini kita juga tidak nyangka (bisa jadi kampung miliarder),” ujar Gianto, Selasa (16/2).

“(Padahal) dulunya warga sini petani tulen, karena ada pembebasan untuk lahan yang banyak milik warga Sumurgeneng,” sambungnya.

Sebagian besar warga membelanjakan uang untuk membeli mobil, bahkan ada yang satu kepala keluarga membeli beberapa kendaraan roda empat sekaligus.

Dalam video viral di media sosial terlihat mobil-mobil baru diangkut dengan menggunakan kendaraan towing dengan pengawalan kepolisian.

“Memang betul terkait video warga yang ramai-ramai beli mobil baru itu warga desa sini (Desa Sumurgeneng). Kabarnya kemarin datang lagi dari Gresik, kalau tidak salah jumlahnya ada 17,” kata Gianto.

Menurut keterangan Gianto, warga yang membeli mobil secara berbarengan merupakan kelompok yang baru mendapatkan kompensasi lahan untuk proyek grass root refinery tahap ketiga.

“Itu memang sama temen-temannya atau kelompoknya itu pencarian yang terakhir yang lewat konsinyasi. Mereka kemudian rencana untuk beli mobil juga bersamaan,” katanya.

(nus)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Istimewa

NUSANTARA

Tutup Sespimti dan Sespimmen Polri 2020, Kapolri: Jadi Agent of Change
ANTARA FOTO/Lucky R.

NUSANTARA

Imbas Pandemi, Pengelola Homestay Ikuti Pelatihan Bangkitkan Pariwisata
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan piagam penghargaan kepada Polres Metro Jakarta Utara yang telah berhasil meringkus 11 anggota sindikat yang memperjualbelikan sertifikat keterampilan pelaut palsu. Foto: Polda Metro Jaya

NUSANTARA

Ringkus Sindikat Sertifikat Pelaut Palsu, Kemenhub Beri Penghargaan Polres Jakut
Kemenperin. Foto/Ist

NUSANTARA

Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pabrik Gula Baru
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NUSANTARA

Merapi Kembali Semburkan Material hingga 200 Meter
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat memimpin upacara peringatan ke-73 hari ulang tahun (HUT) Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU di Gedung Auditorium Denma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (17/10). Foto/TNI

NUSANTARA

Kasau: Meski Berbeda, Peringatan HUT ke-73 Korpaskhas Tetap Khidmat
PSBB Kota Bandung. Ist

NUSANTARA

27 Kabupaten/Kota di Jabar Berlakukan PPKM Jilid II
Tim Audit Inspektorat Jenderal (Itjen) TNI. Foto/TNI

NUSANTARA

Tim Audit Itjen TNI Kunjungi Satgas Pamtas RI-Malaysia di Kalimantan Utara