Home / NUSANTARA

Rabu, 17 Februari 2021 - 09:35 WIB

Desa di Tuban Mendadak Jadi Kampung Miliarder

Warga Desa Sumurgeneng, Tuban membeli belasan mobil. Foto/Tangkapan layar

Warga Desa Sumurgeneng, Tuban membeli belasan mobil. Foto/Tangkapan layar

KABUPATEN TUBAN, BERITANUSA.id – Sejumlah warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur mendadak menjadi miliarder baru. Mereka mendapat uang kompensasi penggantian dari lahan yang dibebaskan untuk pembangunan proyek kilang minyak Tuban.

Kabar ini bahkan sempat viral di media sosial saat video rekaman aksi sejumlah warga desa membeli belasan mobil baru secara berjamaah dalam sehari.

Kepala Desa Sumurgeneng, Gihanto membenarkan aksi warganya yang memborong belasan mobil mewah. Ia menyebut mereka mendapatkan uang kompensasi yang jumlahnya rata-rata sebesar Rp8 miliar.

“Untuk warga asli sini yang paling banyak itu mendapatkan sebesar Rp26 miliar. Ini kita juga tidak nyangka (bisa jadi kampung miliarder),” ujar Gianto, Selasa (16/2).

“(Padahal) dulunya warga sini petani tulen, karena ada pembebasan untuk lahan yang banyak milik warga Sumurgeneng,” sambungnya.

Sebagian besar warga membelanjakan uang untuk membeli mobil, bahkan ada yang satu kepala keluarga membeli beberapa kendaraan roda empat sekaligus.

Dalam video viral di media sosial terlihat mobil-mobil baru diangkut dengan menggunakan kendaraan towing dengan pengawalan kepolisian.

“Memang betul terkait video warga yang ramai-ramai beli mobil baru itu warga desa sini (Desa Sumurgeneng). Kabarnya kemarin datang lagi dari Gresik, kalau tidak salah jumlahnya ada 17,” kata Gianto.

Menurut keterangan Gianto, warga yang membeli mobil secara berbarengan merupakan kelompok yang baru mendapatkan kompensasi lahan untuk proyek grass root refinery tahap ketiga.

“Itu memang sama temen-temannya atau kelompoknya itu pencarian yang terakhir yang lewat konsinyasi. Mereka kemudian rencana untuk beli mobil juga bersamaan,” katanya.

(nus)

Share :

Baca Juga

Foto: Ist

NUSANTARA

Polresta Samarinda Terapkan Marka Physical Distancing di Traffic Light bagi Pengendara Motor

NUSANTARA

Tangkap Pria Bawa Narkotika Jenis Sabu, Ditresnarkoba Polda Sumbar Sita Satu Paket Besar
Polda Sulteng. Ist

NUSANTARA

Kapolda Sulteng Pimpin Sertijab Wakilnya
Tim SAR gabungan TNI-Polri. Ist

NUSANTARA

Tim SAR Gabungan TNI-Polri Berhasil Evakuasi Helikopter di Papua
ANTARA FOTO/Lucky R.

NUSANTARA

Imbas Pandemi, Pengelola Homestay Ikuti Pelatihan Bangkitkan Pariwisata
Bupati Pangkep Resmikan Pengoperasian SPBU Kepulauan Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan, H. Syamsuddin A Hamid melakukan kunjungan kerja selama sepekan di wilayah kepulauan, Kabupaten Pangkep. Foto/Beritanusa

NUSANTARA

Bupati Pangkep Resmikan Pengoperasian SPBU Kepulauan
Gagasan Integrasi TNI-Polri. Ist

NUSANTARA

Gagasan Integrasi TNI-Polri Kawal Pembangunan Nasional Telah Siap
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

NASIONAL

Tangsel Mulai Vaksinasi Corona 14 Januari