Home / NASIONAL

Kamis, 14 Januari 2021 - 22:13 WIB

Dinkes DKI Bakal Vaksin 7,9 Juta Warga

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebut ada total 7,9 juta warga Jakarta yang akan mendapat vaksin Covid-19.

Angka itu merupakan jumlah keseluruhan warga ibu kota di rentang usia 18 hingga 59 tahun, sebagai salah satu syarat penerima vaksin.

“Secara total jumlah, nantinya di DKI Jakarta yang akan mendapatkan vaksinasi ini bagi kelompok umur 18-59 tahun ada sekitar 7,9 juta,” kata Widyastuti dalam video yang diunggah akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (14/1).

Dari jumlah itu, Widyastuti merinci sebanyak 130.000 merupakan tenaga kesehatan, 500.000 merupakan pemberi layanan publik, kelompok rentan secara geospasial maupun ekonomi sekitar 3 juta lebih, hingga kelompok usaha sekitar 2 juta lebih.

Widyastuti menyebut juga ada kelompok lansia yang jumlahnya berkisar 980.000 orang.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, selain kelompok umur 18-59 tahun, kelompok lansia dengan kondisi tertentu juga bisa diberikan vaksinasi.

“Ini merupakan sasaran vaksinasi terbanyak. Karena kami pernah melakukan vaksinasi secara program massal gini paling banyak sekitar 2 juta,” ucap Widyastuti.

Dengan jumlah yang terbilang besar ini, kata Widyastuti, perlu ada partisipasi dari masyarakat untuk bisa mensukseskan program vaksinasi. Sebab, ini bukan pekerjaan dari tenaga kesehatan semata.

Selain itu, lanjutnya, juga diperlukan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha, pihak swasta, BUMN, serta TNI, dan Polri.

“Sehingga tujuan pemberian vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunitas atau herd immunity terjaga atau tercapai. Kalau terjaga, tercapai harapannya kita secara kebal komunitas bisa mengurangi atau menurunkan angka kesakitan akibat Covid-19,” tutur Widyastuti.

Proses vaksinasi terhadap tenaga kesehatan di Jakarta telah dimulai pada hari ini, Kamis (14/1).

Sebelumnya, Widyastuti menuturkan tahap pertama vaksinasi Covid-19 di Jakarta akan diberikan kepada sekitar 60 ribu tenaga kesehatan.

Sebab, Jakarta baru mendapat jatah sebanyak 120.040 dosis vaksin untuk disuntikkan sebanyak dua kali kepada tiap individu di tahap pertama ini.

Selain itu, sejumlah tokoh di wilayah Jakarta juga akan menjadi penerima vaksin tahap awal. Namun, belum diketahui siapa saja tokoh yang bakal mendapat vaksin tersebut.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Jenderal pahlawan revolusi. Ist

NASIONAL

Momentum Hari Kesaktian Pancasila, BPIP Dorong Rekonsiliasi
Kabag Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Biro PID Divhumas Polri Kombespol Tjahyono Saputro. Foto/Ist

NASIONAL

Polri Hentikan Izin Unjuk Rasa Selama Pandemi
Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

NASIONAL

Aturan Baru yang Wajib Diperhatikan Bagi Calon Penumpang KA
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Kapolri Listyo Sigit Rumuskan Program 100 Hari Kerja
Rumah susun di DKI Jakarta. Foto Ilustrasi/Ist

NASIONAL

Pemprov DKI Dukung Himperra Wujudkan Hunian Layak Bagi Warga
Warga berjalan melintasi banjir di Kebon Pala, Jatinegara, Selasa (22/9). Banjir tersebut terjadi karena luapan Sungai Ciliwung. Foto/Antara

NASIONAL

Sejumlah Wilayah DKI dan Bekasi Banjir Pagi Ini
Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif. Foto/MI

NASIONAL

Ketum PA 212: Saya Cuma Jadi Peserta di Aksi 1812
Kompol Yuni Purwanti. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kasus Narkoba, Kapolsek Astanaanyar Berharta Rp110 Juta