Home / NASIONAL

Selasa, 26 Januari 2021 - 19:25 WIB

DKI Anggarkan Rp185 Miliar untuk Lahan Makam Covid-19

Pekerja pemakaman beristirahat di TPU Pondok Ranggon, Jakarta. Foto/AFP/Adek Berry

Pekerja pemakaman beristirahat di TPU Pondok Ranggon, Jakarta. Foto/AFP/Adek Berry

JAKARTA, BERITANUSA.id – Lahan pemakaman khusus dengan protokol kesehatan Covid-19 di Ibu Kota telah menipis. Untuk mengantisipasi keterbatasan tersebut, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lima lokasi baru.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Pemprov DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan pihaknya menyiapkan anggaran mencapai Rp185 milliar untuk pengadaan lahan. Anggaran berasal dari APBD perubahan tahun 2020.

“Jumlahnya dari lima lokasi itu sekitar 3,3 hektare, satu petak makam itu memerlukan 3,75 meter persegi. Itu satu petak makam dan sekarang kan kondisinya memang belum ditata, jadi sedikit lagi kita akan tata,” ungkap Suzi saat dikonfirmasi, Selasa (26/1).

Ia menambahkan, lima lokasi yang dimaksud antara lain Srengseng Sawah, Kampung Dukuh, Semper, Joglo, dan Bambu Wulung (Bambu Apus).

Menurut Suzi, dalam satu hari orang yang meninggal dunia di Jakarta mencapai ratusan orang. Mereka dimakamkan di sejumlah TPU. Dari jumlah tersebut terbagi dua kategori, yakni dengan protokol kesehatan dan non Covid-19.

“Kita memakamkan protap Covid-19 itu kurang-lebih sehari 100. Non Covid-19 angka kematian kita memakamkan sekitar 90 orang. Jadi ada 190 orang yang harus kita makamkan, makanya jaga kesehatan,” ucap dia.

Pada kesempatan yang sama, Suzi juga mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat melaksanakan aktivitas sehari-hari. Hal ini untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

“Yang sekarang harus disampaikan itu, supaya tetap masyarakat protokol kesehatan, supaya jangan terjadi kematian tiap hari,” kata Suzi.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan dua tempat pemakaman umum (TPU) untuk memakamkan pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Dua lokasi tersebut, yakni di TPU Tegal Alur di Jakarta Barat dan TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur.

(*)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Dorong Lima Sektor Prioritas
Ilustrasi: Massa demo di Monas, Depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (28/8). Foto/MI/Saskia Anindya Putri

NASIONAL

Demo Papua Merdeka: 2 Polisi Terluka, 36 Orang Ditangkap
Sejumlah kamera cctv terpasang di perempatan Jalan Gunung Sahari, Jakarta untuk tilang elektronik (e-TLE). Foto/MI

NASIONAL

Dirlantas Polda Metro: 98 Kamera e-TLE Sudah Dipasang
Aparatur sipil negara (ASN) Biro Umum Pemprov DKI Jakarta beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Balai Kota, Jakarta, kemarin. Foto/MI

NASIONAL

Siap-siap, PNS Dapat Sanksi Jika ke Luar Kota Saat Imlek
Ilustrasi--Pekerja mengumpulkan puing bangunan yang rusak berat gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah. Foto/Antara

NASIONAL

81 Korban Tewas Akibat Gempa Sulbar
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) menyaksikan Satuan Penanggulangan Teroris (Satgultor) TNI di Jakarta, hari ini. Foto/MI

NASIONAL

Panglima TNI Sebut Media Sosial Jadi Propaganda
Foto: Istimewa

NASIONAL

Kemhan Siapkan SDM Unggul Untuk Bangun Kekuatan Nirmiliter

NASIONAL

Kemampuan Polri Tangani Aksi Terorisme Sudah Mumpuni