Home / KESEHATAN

Rabu, 27 Januari 2021 - 12:01 WIB

Dosis Kedua Vaksinasi Covid Sebaiknya Tepat Waktu

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Vaksinasi Covid-19 wajib diberikan sebanyak dua dosis untuk memberikan perlindungan dan kekebalan tubuh. Namun, adakah dampak jika ada orang yang sudah mendapatkan dosis pertama berhalangan dan tak bisa mendapatkan dosis kedua tepat waktu.

Saat ini belum diketahui dampak yang mungkin terjadi bila seseorang telat mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19. Alasannya, belum ada studi yang dilakukan mengenai hal tersebut.

Tiap ahli juga memiliki pandangan yang berbeda terkait berapa lama keterlambatan yang bisa ditoleransi untuk mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19.

Para ahli kesehatan dari The Ohio State University Wexler Medical Center mengatakan data klinis menunjukkan bahwa keterlambatan 3-7 hari untuk mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19 masih dapat ditoleransi.

Akan tetapi, beberapa ahli lain menilai keterlambatan yang lebih lama dari itu masih dinilai baik-baik saja.

“Bila Anda terlambat mendapatkan dosis kedua hingga beberapa minggu, kemungkinan itu tak akan menjadi masalah,” ungkap dokter dan peneliti, Leo Nisolla MD seperti dilansir Men’s Health, Rabu (26/1).

Nisolla menilai pemberian dosis kedua sebaiknya tidak terlambat sampai hitungan bulan. Bila seseorang terlambat hingga berbulan-bulan, Nisolla menganjurkan untuk vaksinasi ulang dari awal.

Vaksin Covid-19 memang perlu diberikan dalam dua dosis dengan jeda waktu pemberian. Pemberian dosis kedua bertujuan untuk meningkatkan efikasi pemberian dosis pertama dengan cara membuat tubuh terpapar oleh antigen imunisasi.

Cara ini akan membantu tubuh memproduksi antibodi yang cukup kuat sehingga bila tubuh terpapar SARS-CoV-2, tubuh bisa melawan virus tersebut.

(men/hea/heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi bangun tidur. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Tips Meningkatkan Energi saat Pagi Hari
Pasien covid-19. Foto/Ist

KESEHATAN

Tubuh Kebal dari Covid Bisa Bertahan hingga Puluhan Tahun
Ilustrasi orang menggunakan masker. Foto/Ist

KESEHATAN

Cegah Happy Hypoxia Terapkan Protokol Kesehatan
Seorang bayi menangis ketika disuntik dengan vaksin polio di salah satu Posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (2/2/2017). Foto/Antara

EKONOMI

Bio Farma Dapat Dana Segar dari Bill Gates untuk Kembangkan Vaksin Baru
Ilustrasi masker scuba. Ist

KESEHATAN

Jangan Pakai Masker Scuba dan Buff Lagi
Ilustrasi minyak zaitun. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Ilustrasi jeruk. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Jeruk Bakar Campur Gula Jadi Terapi Penciuman Covid?
Larutan air garam. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Khasiat Berkumur dengan Air Garam yang Jarang Diketahui